Dapat Lampu Hijau, Honda Segera Rilis Legend Otonom Level 3

Bisnis.com,13 Nov 2020, 07:17 WIB
Penulis: Fatkhul Maskur
Honda Legend adalah sedan medium yang dibuat oleh produsen mobil Jepang Honda. Legend terlahir dari Proyek XX, yang digagas Honda bersama Austin Rover Group of Great Britain pada November 1981. /Honda

Bisnis.com, JAKARTA - Honda akan meluncurkan model Legend sebelum tahun fiskal berakhir 31 Maret 2021, menyusul diterimakanya penunjukan tipe yang diperlukan untuk mengemudi otomatis Level 3 dari pemerintah Jepang.

Honda Motor menyatakan telah menerima penunjukan tipe yang diperlukan untuk mengemudi otomatis Level 3 dari Kementerian Tanah, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang (MLIT).

"Persetujuan ini memungkinkan sistem penggerak otomatis untuk mengemudikan kendaraan dalam kondisi tertentu, seperti saat lalu lintas padat di jalan tol," demikian Honda dalam keterangan pers yang dikutip, Jumat (13/11/2020).

Honda berencana untuk meluncurkan penjualan Honda Legend yang dilengkapi dengan peralatan mengemudi otomatis yang baru disetujui (traffic jam pilot) sebelum akhir tahun fiskal 31 Maret 2021.

Untuk mempromosikan komersialisasi kendaraan otomatis Level 3, MLIT mengubah sebagian Undang-Undang Kendaraan Jalan Raya, dan undang-undang yang direvisi (UU No 14 tahun 2019) mulai berlaku 1 April 2020. Dengan amendemen ini, peralatan untuk mengemudi otomatis Tingkat 3 baru ditambahkan ke daftar peralatan kendaraan bermotor yang tunduk pada standar keselamatan (Ordonansi Kementerian Perhubungan No 67, 1951)

Berikut standar keamanan utama untuk peralatan mengemudi otomatis

1. Performa:

2. Alat perekam kondisi operasi:

Perangkat perekam harus merekam data untuk mengkonfirmasi kondisi pengoperasian peralatan mengemudi otomatis untuk periode 6 bulan (atau 2.500 kali) termasuk :

3. Tampilan eksternal:

Honda menyatakan tetap berdedikasi untuk pengembangan lebih lanjut teknologi keselamatan sambil berusaha untuk melayani orang-orang di seluruh dunia dengan kegembiraan dan kebebasan mobilitas, memberikan ketenangan pikiran kepada orang-orang dan menginspirasi rasa ingin tahu mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini