Pemain Ukraina Positif Covid-19, Laga Nations League vs Swiss Batal

Bisnis.com,18 Nov 2020, 01:26 WIB
Penulis: Newswire
Kiper Timnas Ukraina Dmytro Riznyk (kiri), salah satu pemain yang positif dalam tes Covid-19 pada Senin (16/11/2020), membuat skuadnya dikarantina oleh otoritas Lucerne, Swiss./Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pertandingan Swiss menjamu Ukraina dalam matchday terakhir Divisi A Grup 4 (A4) yang sedianya digelar pada Rabu (18/11/2020) mulai pk. 02.45 WIB dibatalkan karena di dalam skuad tim tamu dari Eropa Timur itu terdapat kasus positif Covid-19.

Asosiasi sepak bola Ukraina (UAF) pada Selasa (17/11/2020) mengumumkan seluruh anggota timnas negara itu dikarantina menyusul temuan hasil positif Covid-19 di dalam skuat, sehingga laga pemungkas mereka di UEFA Nations League kontra Swiss dibatalkan.

Sedikitnya tiga pemain Ukraina yakni Eduard Sobol, Yevhen Makarenko, dan Dmytro Riznyk mendapati hasil positif dalam tes Covid-19 mereka pada Senin (16/11/2020).

UAF mendapat informasi dari Union of European Football Associations (UEFA) bahwa Departemen Kesehatan Wilayah Lucerne, Swiss, memutuskan mengarantina seluruh delegasi Timnas Ukraina, sehingga pertandingan dibatalkan, demikian pernyataan resmi UAF.

"UEFA, UAF, dan Asoasiai Sepak Bola Swiss sudah siap untuk menjalani pertandingan, tetapi larangan dari otoritas lokal memupus harapan organisasi sepak bola yang terlibat untuk menggelar laga ini," tulis pernyataan tersebut.

Menurut UAF, UEFA akan mengambil keputusan terkait dengan pembatalan pertandingan tersebut.

Ukraina bertandang ke Swiss setelah 3 hari lalu kalah 1–3 ketika melawat ke Jerman dan kehilangan peluangnya menembus empat besar Nations League 2020–2021.

Sementara itu, bagi Swiss laga kontra Ukraina juga penting untuk menentukan nasib siapa yang bakal terdegradasi ke Divisi B edisi Nations League berikutnya.

Posisi klasemen sementara Jerman teratas dengan nilai 9, diikuti Spanyol 8, Ukraina 6, dan Swiss 3. Kalau pun Ukraina menang versus Swiss, mereka tak bisa juara Grup A4, karena kalah head-to-head dari Jerman. Hanya juara grup yang lolos ke empat besar putaran akhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini