WHO Khawatirkan Gelombang Ke 3 Virus Corona Tahun Depan

Bisnis.com,23 Nov 2020, 09:39 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari
Lambang World Health Organization (WHO) terpampang di pintu masuk kantor pusat badan kesehatan dunia itu di Jenewa, Swiss, Selasa (18/2/2020)./Bloomberg-Stefan Wermuth

Bisnis.com, JAKARTA - Utusan khusus Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk COVID-19 memperkirakan gelombang ketiga pandemi di Eropa akan terjadi pada awal 2021.

Hal itu, menyusul anggapan jika pemerintah Eropa kembali gagal untuk mencegah gelombang lanjutan infeksi penyakit tersebut.

“Mereka ketinggalan membangun infrastruktur yang diperlukan ketika bulan-bulan musim panas, setelah mereka mengendalikan gelombang pertama,” kata David Nabarro dari WHO dilansir dari Aljazeera.

“Sekarang kita punya gelombang kedua. Jika mereka tidak membangun infrastruktur yang diperlukan, mereka akan mengalami gelombang ketiga awal tahun depan, ”kata Nabarro.

Eropa sempat mengalami penurunan tingkat infeksi yang sekarang melonjak lagi: Jerman dan Prancis pada hari Sabtu mengalami peningkatan kasus sebanyak 33.000, Swiss dan Austria memiliki ribuan kasus setiap hari, sementara Turki melaporkan rekor 5.532 infeksi baru.

Nabarro mengkritik langkah Swiss yang mengizinkan bermain ski, yang bisa memicu tingkat infeksi dan kematian yang sangat tinggi.

Sementara itu, Nabarro memuji tanggapan negara-negara Asia seperti Korea Selatan, di mana penularannya sekarang relatif rendah: “Orang-orang terlibat penuh, mereka mengambil perilaku yang mempersulit virus. Mereka menjaga jarak, memakai masker, mengisolasi saat sakit, mencuci tangan dan permukaan. Mereka melindungi kelompok yang paling terancam," ujarnya.

Nabarro juga mengatakan Asia tidak melonggarkan pembatasan terlalu dini.

“Anda harus menunggu sampai jumlah kasus berkurang dan tetap rendah,” katanya. Reaksi Eropa tidak lengkap.

Komentar Nabarro datang saat Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berencana untuk mengakhiri lockdown selama empat minggu di seluruh Inggris seperti yang dijadwalkan pada 2 Desember.

Johnson juga diperkirakan akan mengumumkan kembali ke pembatasan regional karena statistik menunjukkan infeksi virus corona telah stabil.

Kantor perdana menteri juga mengonfirmasi rencana untuk memulai program vaksinasi COVID-19 nasional bulan depan dengan asumsi regulator menyetujui vaksin melawan virus - serta peningkatan pengujian massal dalam upaya menekan virus sampai vaksin dapat diluncurkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini