6 Cara Meminta Maaf pada Pasangan

Bisnis.com,23 Nov 2020, 17:59 WIB
Penulis: Krizia Putri Kinanti
Pasangan kencan/boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Usai bertengkar, biasanya kita kesulitan menemukan cara untuk meminta maaf kepada pasangan.

Hal ini, biasanya terjadi pada pasangan yang gagal berkomunikasi terbuka satu sama lain.

Namun demikian, jujur tentang kesalahan Anda dan menerimanya adalah langkah pertama untuk mencari maaf dari pasangan Anda. Meminta maaf mungkin hanya beberapa kata, tetapi itu memiliki arti yang lebih besar.

Dikutip dari Times of India, Senin (23/11/2020), berikut  daftar cara untuk meminta maaf kepada pasangan Anda jika Anda berhasil.

1. Tunda pembahasan

Memberi pasangan Anda dan diri Anda sendiri kesempatan untuk memikirkannya dan dengan tenang membicarakannya keesokan harinya adalah hal terbaik untuk dilakukan, saat ini. Hindari mencoba menjernihkan argumen saat Anda berdua sedang memanas. Saat ini, yang terbaik adalah mengambil jeda, daripada memimpin diskusi lebih lanjut.

2. Tekankan kebersamaan

Jika Anda mencoba untuk memuluskan masalah, cobalah untuk menjadi kolektif dan berbicara dalam arti 'rasa bersama', Anda berdua ada di dalamnya. Jangan biarkan pasangan Anda merasa bahwa mereka adalah satu-satunya yang berargumen. Jadi jika Anda merasa bahwa pertengkaran ini harus ditangani, maka cobalah untuk memperbaiki situasi dengan kepentingan bersama.

3. Tawarkan solusi

Menanyakan pasangan Anda apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya, dapat meredakan situasi. Dengan cara ini, pasangan Anda akan merasa dihargai bahwa bahkan di tengah pertengkaran, Anda mempertimbangkan perasaannya. Anda juga akan merasa gembira setelah menanyakan hal ini karena pasangan Anda juga akan cenderung menanyakan pertanyaan serupa untuk meredakan ketegangan di antara Anda juga.

4. Saling mengerti

Ini mungkin respons terbaik dan dibenarkan setelah pertengkaran. Karena pemahaman adalah salah satu dasar terpenting dalam suatu hubungan, menyampaikannya secara praktis bisa menjadi pilihan yang cerdas. Mengatakan hal ini kepada pasangan Anda bisa berarti Anda siap untuk berhenti dan mendengarkan lebih banyak tentang apa yang mereka rasakan. Duduklah dan kemudian dengarkan apa yang lebih pasangan Anda katakan.

5. Saling memperbaiki

Memberi pasangan Anda janji untuk mengatasi masalah Anda sendiri akan menggambarkan diri Anda secara lebih baik dan juga akan memberi jalan bagi komunikasi yang lebih baik. Orang sering gagal memperbaiki diri dan akhirnya menyalahkan orang lain sepenuhnya atas pertengkaran. Penting untuk menyadari dan menerima kesalahan seseorang dan juga mengakui fakta yang mengada-ada juga.

6. Meminta maaf langsung

Ini mungkin hal paling sederhana yang bisa Anda sampaikan kepada pasangan Anda setelah bertengkar. Perasaan dua kata ini dapat menurunkan semua emosi kemarahan, frustrasi, atau bahkan kebencian. Jika Anda benar-benar merasa menyesal, beri tahu pasangan Anda tentang hal ini. Mereka pasti akan menghargai kejujuran dan pendekatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini