Konten Premium

Historia Bisnis : Ambisi Panasonic Bawa Pemutar DVD ke Indonesia

Bisnis.com,29 Nov 2020, 13:56 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Seorang penumpang menonton film menggunakan DVD player portabel di pesawat Delta Air Lines Inc. di Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport di Atlanta, AS, Jumat (17/12/2010)./Bloomberg-Erik S. Lesser

Bisnis.com, JAKARTA – Penemuan teknologi Digital Video Disc (DVD) yang kemudian disusul alat pemutarnya pada akhir 1996, menjadi fenomena yang menghebohkan Jepang. Menawarkan kapasitas penyimpanan lebih besar, olah data lebih cepat, dan kualitas serta jangkauan format media lebih baik, DVD seolah menutup setiap kelemahan yang sebelumnya dimiliki teknologi pendahulunya, Video Compact Disc (VCD).

Peluang itu dibaca dengan jeli oleh Mitsushita Electric Industrial Co. (MEI), perusahaan yang seiring berjalannya waktu bertransformasi jadi Panasonic Corporation. Sebagaimana diwartakan Bisnis Indonesia edisi 29 November 1996, tepat hari ini 24 tahun lalu, tak butuh waktu lama bagi perusahaan asal Jepang tersebut untuk membuka pangsa pasar DVD di Indonesia.

Lewat pameran Auditech 98 yang dihelat di Jakarta, 28 November 1996, untuk kali pertama MEI memperkenalkan alat pemutar DVD ke khalayak Indonesia. T. Murakami, Direktur Divisi Sistem Optical Disc MEI saat itu, bahkan menjanjikan jika pemutar DVD akan dijual perusahaannya di Indonesia per Januari 1997.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Margrit
Terkini