Intip Yuk! Cara Sri Mulyani Jelaskan Utang kepada Anak SD hingga SMA

Bisnis.com,30 Nov 2020, 14:49 WIB
Penulis: Hadijah Alaydrus
Menteri Keuangan Sri Mulyani bersiap mengikuti rapat terbatas (ratas) tentang peningkatan peringkat pariwisata Indonesia di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (17/2/2020)./ ANTARA - Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan penjelasan terkait dengan penarikan utang di tengah Pandemi Covid-19 kepada siswa Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas.

Dalam Acara Hari Mengajar Kemenkeu, Senin (30/11/2020), Sri Mulyani mengungkapkan alasan mengapa negara harus berutang untuk memenuhi belanja.

"Kenapa ibu utang, bukan kah utang itu jelek? Utang untuk apa? Kita lihat, kalau belanja dikurangi saja bisa bu?," ujar Sri Mulyani, Senin (30/11/2020).

Menurut Sri Mulyani, belanja bisa dikurangi dengan berhemat dan menjaga belanja negara. "Harus hemat, efektif, efisien dan tidak boleh dikorupsi," sambungnya.

Sayangnya, ketika belanja sudah dijaga, pendapatan negara masih kurang untuk menutup belanja yang besar di tengah Covid-19.
Pemerintah harus mengeluarkan belanja Rp97 triliun untuk kesehatan dan memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat kecil.

Menurutnya, pemerintah harus membantu masyarakat dengan subsidi listrik, Internet untuk pelajar hingga usaha kecil dan menengah.

"Dalam saat susah inilah APBN membantu masyarakat. Ini mengapa keuangan negara harus dijaga," kata Sri Mulyani.

Jika negara kita kekurangan untuk membiayai belanja ini, maka negara harus berutang. "Utang itu harus dijaga supaya kita bisa mengembalikan lagi dari pendapatan negara, termasuk pajak," ujarnya.

Sri Mulyani juga mengungkapkan bahwa siswa sekolah dapat membantu negara di tengah pandemi. "Gimana bantunya? ya jadi anak yang belajar. Itu saja sudah membantu," tegas Sri Mulyani.

Dia juga mendorong agar anak-anak tetap melakukan hobinya dengan menjaga protokol kesehatan. "Ingat orang tua kalian juga dalam situasi yang tidak mudah, mereka bekerja harus di rumah, jagain kalian, jadi kalian harus bantu orang tua di rumah," pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hadijah Alaydrus
Terkini