Konten Premium

Lowongan Pengawas SWF Indonesia Dibuka, Ini Bisikan Sri Mulyani Hingga Airlangga

Bisnis.com,17 Des 2020, 07:30 WIB
Penulis: Anggara Pernando
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) setelah memberikan berkas pendapat akhir pemerintah kepada Pimpinan DPR saat pengesahan RUU Cipta Kerja menjadi Undang-undang dalam Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/10/2020)./Antara-Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan Lembaga Pengelola Investasi atau sovereign wealth fund (SWF) Indonesia akan memiliki modal sebesar Rp75 triliun. Dari jumlah ini pada tahap awal, pemerintah menyetorkan Rp15 triliun sebagai modal awal.

Kepastian modal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 74/2020. Aturan teknis untuk SWF Indonesia sendiri belum seluruhnya diterbitkan. Namun dengan asumsi gearing ratio mengikuti aturan penjaminan sebesar 20 kali, maka modal awal ini leveraging dapat dioptimalisasi menjadi Rp300 triliun atau jika menggunakan prinsip perbankan yang mensyaratkan modal kerja 20 persen, maka modal awal ini dapat dioptimalkan dalam investasi senilai Rp75 triliun.

Untuk itu pemerintah tengah memburu tiga profesional menjadi dewan pengawas LPI. Tiga profesional ini akan menjabat untuk periode 5 tahun, 4 tahun dan 3 tahun. Pengawas dari eksternal ini akan bekerjasama dengan Menteri Keuangan sebagai Ketua Dewan Pengawas LPI ditambah Menteri BUMN sebagai anggota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini