Kopi Hitam atau Teh Hitam, Mana yang Lebih Sehat?

Bisnis.com,22 Des 2020, 08:28 WIB
Penulis: Novita Sari Simamora
Teh Hitam memiliki manfaat baik bagi kesehatan/Sosro.com

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap pagi, masing-masing orang memiliki rutinitas yang berbeda, ada yang meminum kopi hitam dan ada juga yang memilih teh hitam.

Mayoritas yang gemar berolahraga lebih menyukai kopi hitam. Sebab, kandungan kafein di dalam kopi hitam dapat memberikan lonjakan energi yang dibutuhkan saat berolahraga.

Selain itu, kopi hitam juga kaya akan berbagai antioksidan, magnesium, dan kalium. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Epidemiology menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi hitam memiliki risiko lebih rendah terkena obesitas dan diabetes tipe 2.

Mengutip dari Times of India, Selasa (22/12/2020), satu cangkir kopi hitam tidak memiliki kalori. Padahal teh hitam dan kopi hitam serupa tidak termasuk kandungan kafeinnya, yang lebih rendah pada teh hitam. Teh hitam tidak memiliki lemak jenuh dan meningkatkan kekebalan Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi teh hitam secara teratur kehilangan berat badan ekstra.

Sementara itu, satu cangkir teh hitam memiliki 2 kalori.

Kopi hitam dan teh hitam merupakan minuman sehat dan tergantung pada manfaat yang Anda cari. Jika Anda berolahraga di pagi hari, kopi hitam lebih baik untuk memulai metabolisme dan memberi Anda energi yang dibutuhkan untuk berolahraga di gym.

Namun jika Anda tidak suka mengonsumsi terlalu banyak kafein, teh hitam bisa menjadi pilihan yang baik. Orang yang menderita masalah kecemasan dan hipertensi harus menghindari kopi hitam.

Para ahli menyarankan agar semua orang menghindari minum kopi hitam menjelang larut malam karena dapat mengganggu tidur Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini