Kimia Farma & Indofarma Perkuat Tes Covid-19 di Bandara Soetta

Bisnis.com,27 Des 2020, 12:59 WIB
Penulis: Anitana Widya Puspa
Sejumlah calon penumpang antre saat pengecekan tiket di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (21/9/2020). Kementerian Perhubungan akan segera merealisasikan pemberian stimulus bagi industri penerbangan dengan membebaskan biaya layanan penumpang di bandara atau passenger service charge (PSC) guna menyokong keberlangsungan maskapai di masa pandemi COVID-19./ANTARA FOTO-Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA – Bandara Soekarno-Hatta saat ini mengoperasikan delapan Airport Health Center untuk melakukan tes Covid-19 baik itu rapid test antigen maupun PCR test.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan Airport Health Center dioperasikan oleh mitra yang memiliki kompetensi yakni Kimia Farma dan Indofarma. Tujuan dari Airport Health Center ini adalah mendukung penerbangan sehat dan membantu calon penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan di tengah pandemi.

Dia mengatakan pada 18-24 Desember 2020 yang bertepatan dengan angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021, calon penumpang pesawat yang melakukan rapid test antigen di Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta mencapai sekitar 40.000 calon penumpang.

“Angka testing tersebut tergolong cukup tinggi, di mana hanya dalam 7 hari sudah dilakukan tes terhadap sekitar 40.000 calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. Dan, yang cukup penting juga adalah pelaksanaan tes berjalan lancar dan sama sekali tidak mengganggu jadwal penerbangan,” ujarnya, Minggu (27/12/2020).

Menurutnya, lancarnya tes Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta karena PT Angkasa Pura II berhasil melakukan distribusi pelaksanaan tes kedelapan titik layanan atau tidak terkonsentrasi hanya di titik-titik tertentu. Pendistribusian ini dapat dilakukan dengan adanya alternatif layanan yaitu pre-order service, drive thru service dan walk in service.

“Dengan kata lain, saat ini operasional dan layanan Airport Health Center telah semakin mapan dan andal,” ujarnya.

Operator bandara pelat merah tersebut juga membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk dapat melakukan tes Covid-19 khusus di Airport Health Center Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta mulai 27 Desember 2020.

Layanan tes Covid-19 di Airport Health Center Terminal 1 bagi masyarakat umum ini tersedia untuk walk in service (24 jam) dan drive thru service (08.00 – 20.00), untuk rapid test antigen (Rp200.000) dan PCR test (Rp800.000).

Director of Commercial PT Angkasa Pura Solusi Yundriati Erdani mengatakan kapasitas per hari Airport Health Center Terminal 1 bagi masyarakat umum adalah 600 – 700 orang untuk tes dengan walk in service, dan 150 orang untuk tes dengan drive thru test.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rio Sandy Pradana
Terkini