Letusan Vulkanis Terjadi di Suwanosejima Jepang

Bisnis.com,28 Des 2020, 16:46 WIB
Penulis: Rezha Hadyan
Vulkanis Jepang

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Jepang mengatakan sebuah letusan vulkanis terjadi pada Senin (28/12/2020) pukul 2.48 dini hari di Pulau Suwanosejima, Provinsi Kagoshima, Jepang barat daya.

Melansir NHK pada Senin (Badan tersebut meningkatkan status peringatan vulkanis dari 2 ke 3 berdasarkan skala lima tingkat.

Seorang pejabat badan itu dalam konferensi pers menyampaikan bahwa letusan tersebut melontarkan batu-batu besar hingga sejauh 1,3 kilometer ke arah tenggara Kawah Otake.

Di pulau tersebut terdapat sebuah kawasan permukiman yang berjarak sekitar 4 kilometer dari kawah. Otoritas setempat mengatakan ada 81 orang yang tinggal di pulau tersebut berdasarkan data tertanggal 1 Desember 2020.

Badan Meteorologi Jepang memperingatkan kemungkinan lontaran batu-batu besar yang berjatuhan di kawasan dalam jangkauan sekitar 2 kilometer dari kawah. Masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai abu vulkanis dan batu-batu kecil yang terbawa angin.

Frekuensi letusan di pulau tersebut meningkat sejak 21 Desember. Bebatuan dari sebuah letusan yang terjadi pada Sabtu (26/12/2020) lalu terlontar sekitar 1 kilometer dari kawah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini