Konten Premium

Historia Bisnis: Pemerintah Bayar Telkom (TLKM) Rp478 Miliar untuk Terminasi Monopoli

Bisnis.com,29 Des 2020, 16:16 WIB
Penulis: Anggara Pernando
Pengguna telepon umum milik PT Telkom Indonesia pada 2007./Bloomberg - Dimas Ardian.

Bisnis.com, JAKARTA - Perubahan Undang-undang No. 5/1964 menjadi UU No. 36/1999 tentang telekomunikasi menjadi pertanda dimulainya rezim liberalisasi bisnis jaringan suara, teks dan data. Arah baru ini sekaligus mengakhiri era monopoli yang dinikmati PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM).

Model usaha interkoneksi yang menjadi andalan perusahaan kemudian ikut dirombak oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi No. 08/per/M.KOMINFO/02/2006. Inti aturan itu adalah pembaharuan model perhitungan biaya interkoneksi dari berbagi pendapatan (revenue sharing) menjadi berbasiskan biaya(cost based). 

Bisnis Indonesia edisi 29 Desember 2005 menurunkan laporan akhirnya pemerintah mendapatkan nilai kesepakatan pembayaran kompensasi ini untuk mendorong bisnis public switched telephone network (PSTN) menjadi lebih bersaing. Dalam laporan dengan tajuk "Kompensasi duopoli mulai dibayarkan" itu disebutkan pada akhir 2005 pemerintah membayarkan Rp90 miliar kepada Telkom karena telah diputuskan dilakukan terminasi dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini