Konten Premium

Efikasi Vaksin Sinovac, Jokowi & Jalan Terjal Mengakhiri Pandemi

Bisnis.com,13 Jan 2021, 07:50 WIB
Penulis: Anggara Pernando
Petugas medis dr Yenny (kiri) melakukan simulasi vaksinasi Covid-19 Sinovac kepada warga penerima vaksin di Puskesmas Kampung Bali, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (8/1/2021). Simulasi itu dilakukan untuk memastikan kesiapan yang dimulai dari alur proses vaksinasi, kesiapan tenaga medis, observasi dan penerapan protokol kesehatan di puskesmas./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Upaya dapat segera mengakhiri pandemi Covid-19 di Tanah Air masih membutuhkan jalan yang sangat panjang. Dengan efikasi vaksin Sinovac sebesar 65,3 persen, maka dibutuhkan 100 persen penduduk di Indonesia tervaksin untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Presiden Joko Widodo pagi ini, Rabu (13/1/2021) telah dijadwalkan untuk menerima vaksin Sinovac. Kegiatan ini juga diikuti oleh kepala daerah, pejabat publik, tenaga kesehatan, tokoh masyarakat hingga tokoh agama. Acara akan dilangsungkan serentak di seluruh wilayah yang telah menerima vaksin di Tanah Air. Meski begitu, vaksin yang dilakukan ini belum akan mengakhiri pandemi dalam waktu dekat.

Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Hasbullah Thabrany menuturkan kenyataan temuan tim penguji vaksin Sinovac bahwa efikasi sebesar 65,3 persen adalah dalam kondisi ideal. Artinya, keadaan tercipta dengan pengamatan penuh baik atas vaksin maupun relawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini