Walau Sudah Divaksin, Diskes Riau Minta Masyarakat Tetap Jalankan Prokes

Bisnis.com,14 Jan 2021, 13:35 WIB
Penulis: Arif Gunawan
Seorang pasien menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19 saat simulasi pemberian vaksin Covid-19 Sinovac di Puskesmas Kelurahan Cilincing I, Jakarta, Selasa (12/1/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, PEKANBARU - Meskipun program vaksinasi Covid-19 telah dilaksanakan di Indonesia, namun masyarakat diminta untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada seseorang. Untuk itu, vaksinasi ini penting diberikan kepada mereka yang telah lulus cek kesehatan.

"Vaksin ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Diharapkan, jika seseorang kekebalan tubuhnya bagus, maka tidak akan terkena Covid-19," kata Mimi seperti dikutip mediacenter.riau.go.id Kamis (14/1/2021).

Meskipun vaksinasi telah mulai dilakukan, namun Mimi tetap mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga protokol kesehatan, yakni dengan menerapkan 3M yaitu memakasi masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Menurutnya masyarakat perlu tetap menjalankan hal tersebut, karena tujuan dari penerapan protokol kesehatan yakni untuk pencegahan Covid-19 dari luar tubuh.

"Kalau protokol kesehatan itu untuk pencegahan dari luar, sedangkan vaksin adalah peningkatan daya tahan tubuh. Jadi keduanya ini memang harus terus dijalankan."

Adapun Pemprov Riau telah memulai pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 yang diikuti oleh sejumlah pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini