Ini Untungnya Konsolidasi Bagi Startup

Bisnis.com,20 Jan 2021, 06:56 WIB
Penulis: Akbar Evandio
Ilustrasi kantor startup/Flickr

Bisnis.com, JAKARTA – Kompetisi startup Indonesia dinilai berjalan panas pada tahun ini. Hal ini disebabkan oleh besarnya dampak pandemi Covid-19 yang masih terasa bagi beberapa sektor perusahaan rintisan.

Koordinator Pusat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Dianta Sebayang mengatakan konsolidasi dan kolaborasi menjadi pilihan yang marak dipilih ke depannya.

“Lantaran risiko penurunan nilai investasi untuk startup di Tanah Air masih akan terus berlanjut hingga kuartal I/2021. Maka, konsolidasi adalah yang paling tepat untuk dilakukan para startup,” katanya saat dihubungi Bisnis, Selasa (19/1/2021).

Dia melanjutkan kolaborasi antar sesama startup juga menjadi pilihan yang baik untuk dilakoni para pemain yang saat ini fokus pada strategi bertahan selama pandemi dan kondisi menuju normal.

“Dengan konsolidasi dan kolaborasi memberi keuntungan bagi startup agar tetap bisa membesarkan skala bisnisnya dan melakukan inovasi sehingga bisa memperluas penetrasi pasar,” ujarnya.

Selain itu, dia melanjutkan keunggulan dari melakukan langkah tersebut yakni meningkatkan standarisasi, pemanfaatan, keamanan, fleksibilitas, hingga manajemen perusahaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Amanda Kusumawardhani
Terkini
'