Intip Tren Kencan di 2021

Bisnis.com,24 Jan 2021, 08:47 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari
Ilustrasi/Dailyfinance

Bisnis.com, JAKARTA - Satu tahun menghadapi pandemi membuat setiap orang terus beradaptasi dengan hal yang tidak biasa, yang mana menjadikan tahun 2021 sangat dinanti dan dipenuhi harapan, termasuk di dalamnya tujuan dalam mencari pasangan.

OkCupid, sebuah aplikasi online dating, memperkirakan bahwa tren kencan akan berubah pada tahun 2021, yang mana akan semakin banyak orang yang menginginkan hubungan serius dan berjangka panjang.

Berdasarkan data OkCupid di tahun 2020, terjadi peningkatan hingga 106% orang yang menginginkan hubungan serius dan berjangka panjang atau mendapatkan meaningful relationship.

Menurut Andrea Gunawan, Brand Ambassador OkCupid, para single sekarang tidak lagi berpatokan pada penampilan sebagai prioritas utama, tetapi justru mencari bagaimana bisa merasa nyaman dan nyambung ketika membicarakan berbagai topik.

 Andrea menambahkan, untuk dapat menjalin a meaningful relationship melalui dunia maya, Anda harus pintar-pintar mengatur strategi. Tidak dipungkiri setiap orang pasti selalu menilai sesuatu melalui visual dan di aplikasi kita dapat menilai seseorang melalui tampilan profilnya.

"Maka, kita harus bisa menggambarkan diri kita yang apa adanya melalui foto maupun tulisan di profil kita," ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Dengan semakin banyaknya orang yang tertarik memulai hubungan melalui kencan virtual memunculkan tren-tren terbaru seperti hookup culture dan ghosting.

Menurut Andrea, melalui dating app kita bisa bertemu berbagai macam orang dengan berbagai kepribadian dan tujuan yang berbeda-beda, tidak menutup bahwa mereka hanya mencari “hookup”.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan terlebih dahulu bahwa kita mengetahui apa yang diinginkan dan alasan memulai kencan virtual. Hal ini didukung oleh OkCupid melalui fitur in-app question-nya yang mampu mengungkap apa yang setiap orang cari, mulai dari tujuan hubungan hingga gaya berhubungan yang mereka anut sehingga dapat mengatur ekspektasi setiap orang.

Sejak pandemi pun, 45% pengguna OkCupid di Indonesia mengaku telah melakukan kencan secara virtual terlebih dahulu untuk mengetahui kepribadian calon pasangan mereka sebelum bertemu tatap muka. Fakta ini didukung dengan data yang mengatakan bahwa 52% laki-laki dan 72% perempuan memilih “ya” ketika menjawab pertanyaan “Apakah kamu mencari informasi soal seseorang melalui Google sebelum kencan pertama?”.

“Kalau aku, sebelum bertemu seseorang dari dating app pasti aku akan cek media sosial mereka dan serta googling nama mereka. Ketika pertama kali ketemu pun, aku akan bertemu di ruang publik yang ramai dan menginfokan beberapa teman ku untuk menjaga keselamatan kita,” ungkap Andrea Gunawan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini