Banyak Musibah di Awal 2021, MUI Gelar Muhasabah dan Istigasah Malam Ini

Bisnis.com,28 Jan 2021, 10:24 WIB
Penulis: Mutiara Nabila
Musyawarah Nasional (Munas) X Majelis Ulama Indonesia (MUI) digelar di Jakarta menetapkan KH Miftachul Akhyar, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, sebagai Ketua Umum MUI periode 2020-2025 menggantikan Prof KH Ma'ruf Amin./mui.or.id

Bisnis.com, JAKARTA – Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mengadakan acara Muhasabah dan Istigasah untuk Negeri di Masjid Istiqlal Jakarta pada Kamis (28/1/2021) malam.

"Mari bersama-sama kita bermuhasabah dan melantunkan istigasah, sebagai usaha ruhaniah kita, melawan pandemi dan bencana yang melanda Indonesia awal tahun ini," tulis MUI melalui akun media sosial twitter @MUIPusat seperti dikutip Kamis (28/1/2021).

Muhasabah dan Istigasah akan disiarkan langsung melalui fasilitas zoom meeting dan youtube channel di akun Official TV MUI sehingga bisa diakses dan diikuti masyarakat luar.

Tayangan live streaming akan berlangsung tepat pada pukul 20.00 WIB dan Istigasah akan dipimpin oleh Habib Nabil Al-Musawwa yang dirangkai dengan doa dari sejumlah ulama.

Kegiatan yang rencananya dihadiri sejumlah ulama dan pejabat negara ini juga akan disiarkan langsung dan bisa diikuti oleh umat Islam melalui berbagai platform media sosial.

Ketua Komisi Dakwah MUI KH Ahmad Zubaidi mengatakan kegiatan ini akan diikuti oleh Wakil Presiden RI yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum MUI KH Miftachul Achyar, dan segenap Dewan Pimpinan MUI, serta pimpinan MUI daerah yang tersambung secara virtual.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak umat Islam Indonesia untuk bermuhasabah atau berintrospeksi, berkaca diri dan i’tiraf atau membuat pengakuan kepada Allah SWT bahwa kita masih berlumuran dosa, serta berzikir dan berdoa dan beristigasah atau memohon pertolongan kepada Allah SWT,” kata Zubaidi melalui keterangan resmi MUI, Kamis (28/1/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fitri Sartina Dewi
Terkini