Studi : Air Purifier bisa Bantu Penyebarkan Virus Corona di Ruang Terbatas

Bisnis.com,29 Jan 2021, 17:42 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari
Sel virus corona

Bisnis.com, JAKARTA - Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa perangkat pembersih udara atau air purifier dapat membantu menyebarkan tetesan virus corona baru di lingkup ruang terbatas.

Dilansir dari New York Post, Jumat (29/1) para peneliti dari University of Nicosia melakukan studi Physics of Fluid untuk menunjukkan apa yang akan terjadi jika seseorang batuk di lift yang penuh sesak.

Talib Dbouka dan Dimitris Drikakis, penulis penelitian tersebut mengatakan bahwa perangkat pembersih udara memang dapat mengurangi dispersi tetesan tetapi tidak menghilangkannya.

Mereka melanjutkan Asupan udara yang terintegrasi di dalam peralatan pembersih menginduksi sirkulasi aliran yang dapat menambah pengangkutan tetesan air lir yang terkontaminasi di kabin.

"Hasil penelitian ini berkaitan dengan ruang terbatas, termasuk kamar kecil di fasilitas perumahan atau komersial, tempat parkir mobil, toko, serta kabin pesawat atau kapal selam," kata mereka.

Keduanya menyarankan sistem ventilasi dan pemurnian di masa depan harus bertujuan untuk mengurangi penularan virus di udara melalui minimalisasi dispersi tetesan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini