Lebih dari 70 Persen Nakes di Jateng Sudah Divaksin Covid-19

Bisnis.com,02 Feb 2021, 14:53 WIB
Penulis: Mutiara Nabila
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut lebih dari 70 persen tenaga kesehatan sudah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama.

“Perkembangan di Jateng sudah di atas 70 persen dan masih berjalan terus, dan saya minta ada pantauan harian,” kata Ganjar dalam Dialog bersam KPCPEN, Selasa (2/2/2020).

Setelah mendapatkan vaksin suntikan kedua dan melakukan peninjauan ke berbagai rumah sakit, Ganjar menargetkan agar tiap puskesmas bisa melakukan 50 vaksinasi per hari, sedangkan di rumah sakit sampai 200 sehari.

Di Jawa Tengah, target vaksinasi untuk seluruh masyarakat berjumlah sekitar 24,5 juta. Namun, untuk sasaran nakes jumlahnya mencapai 171.105 orang.

“Kalau sampai dengan tanggal 31 [Januari] kemarin 71 persen, kemudian 1 Februari vaksin dosis 1 sudah 71,21 persen, vaksin dosis 2 sudah 2,14 persen. Dari target, itu yang kita kejar, karena aksesnya sudah makin terbuka harapannya bisa dikebut,” kata Ganjar.

Harapannya dengan sudah lebih dari 70 persen tenaga kesehatan divaksin, pekan depan Jawa Tengah bisa mulai melakukan vaksinasi pada petugas pelayanan publik.

“Tadi pagi sudah meminta siapkan vaksinatornya, siapkan tempatnya, saya minta ke masing-masing dinas, tiap pemimpinnya agar bertanggung jawab menyediakan fasilitas vaksinasi di dinas. Saya targetkan jangan lebih dari seminggu selesai,” tegasnya.

Salah satu kunci agar percepatan bisa dilakukan antara lain mengisi 16 pertanyaan sebelum vaksinasi lebih awal. Sehingga, pada saat vaksinasi tinggal dilakukan pengukuran tensi darah dan langsung suntik.

“Saya pesan agar cold chain-nya diperhatikan karena vaksin sangat terbatas, jangan sampai rusak karena nanti tidak manfaat. Sampai dengan tadi pagi sudah siapkan skenario untuk pelayanan publik,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini