Niat Puasa Senin Kamis, Simak Arti dan Manfaatnya!

Bisnis.com,09 Feb 2021, 14:07 WIB
Penulis: Rika Anggraeni
Ilustrasi Puasa / Husin Parapat

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi umat Muslim, ibadah puasa bukan hanya dilaksanakan saat bulan Ramadhan. Melainkan, ada pula puasa Sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Salah satu puasa Sunnah yang dikerjakan langsung oleh Nabi Muhammad SAW adalah puasa Senin Kamis.

Puasa Senin Kamis berbeda dengan puasa di bulan Ramadhan yang merupakan ibadah wajib. Seseorang yang berpuasa sunnah Senin Kamis akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Namun, mereka tidak akan berdosa jika tidak dilakukan sebab bukan sesuatu yang wajib.

"Bahwasanya Nabi Muhammad Saw lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, maka saya senang apabila amalan saya (pada hari tersebut) dan saya berpuasa pada hari tersebut." Diriwayatkan dari Abu Hurairah (HR. Ahmad) seperti dikutip, Selasa (9/2/2021).

Dari hadis di atas, disimpulkan bahwa Nabi Muhammad SAW sering melakukan puasa hari Senin dan Kamis. Sebab pada dua hari tersebut, amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah SWT. Demikian seperti yang dikutip dari laman tarjih.or.id, Selasa (9/2/2021).

Bagi Anda yang ingin mengerjakan amalan-amalan puasa Senin Kamis, maka hal yang perlu dilakukan adalah membaca niat. Berikut bacaan niat puasa Senin Kamis beserta artinya: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Feni Freycinetia Fitriani
Terkini