Pemulihan Ekonomi, Pemerintah Fasilitasi Pembentukan Forum Ekonomi Kreatif

Bisnis.com,19 Feb 2021, 15:11 WIB
Penulis: Hakim Baihaqi
Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon memfasilitasi pembentukan Komite Ekonomi Kreatif dengan menggandeng seluruh pelaku ekonomi yang ada di kota tersebut.

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengatakan wadah untuk pelaku ekonomi kreatif perlu dibentuk, karena bisa menggairahkan perekonomian di Kota Cirebon dengan aktivitasnya masing-masing.

Selama satu tahun pandemi Covid-19, lanjut Eti, pola dan kebiasaan hidup masyarakat di Kota Cirebon berubah, salah satu yang terdampak dalam kejadian luar biasa menurunnya daya beli.

"Banyak pelaku industri pariwisata yang harus gulung tikar karena tidak sanggup bertahan di masa pandemi ini," kata Eti di Kota Cirebon, Jumat (19/2/2021).

Eti mengatakan, untuk mengembalikan kejayaan Kota Cirebon dari sektor ekonomi kreatif ini, perlu dilakukan gerakan pemulihan secepatnya.

"Kenapa ekonomi kreatif? karena ini yang bisa bertahan di masa pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon Agus Suherman mengatakan dalam wadah tersebut ada 70 orang dari 16 kelompok pelaku ekonomi kreatif di Kota Cirebon.

Sejumlah kelompok tersebut yakni dari pelaku seni, film, UMKM, dan usaha jasa lainnya.

Agus mengatakan, forum tersebut dapat menggandeng seluruh komponen dan pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Cirebon.

"Sehingga usaha mereka bisa berkembang, setelah sempat terjatuh di masa pandemi Covid-19, dan kembali mengangkat kesejahteraan," katanya. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini