Banjir Sabtu 20 Februari, Begini Pantauan di Depok

Bisnis.com,20 Feb 2021, 12:46 WIB
Penulis: JIBI
Seorang anak melintasi banjir dekat kali yang meluap di Kawasan Perempatan Mampang, Depok, Jawa Barat, Jumat (19/2/2021). Hujan deras yang mengguyur kawasan membuat aliran kali meluap diperparah sistem drainase yang buruk menyebabkan banjir hingga ketinggian 50 cm./Antara-Asprilla Dwi Adha.

Bisnis.com, DEPOK - Banjir Jabodetabek ikut menyergapp beberapa wilayah di Kota Depok. Hal ini akibat hujan yang melanda sejak semalam. Salah satunya di Perumahan Bukit Cengkeh 2, Cimanggis.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo mengatakan, banjir di komplek tersebut mulai melanda sejak Sabtu 20 Februari 2021 dini hari sekitar pukul 03.00.

"Sudah dari jam 03.00 WIB. Air belum surut sampai saat ini,” kata Denny kepada Tempo, Sabtu (20/2/2021).

Denny mengatakan, ketinggian air di komplek tersebut mencapai kurang lebih 30 sentimeter atau setinggi lutut orang dewasa dan diperkirakan air akan terus meningkat karena curah hujan yang masih tinggi di Kota Depok.

"Harus waspada karena hujan masih terus terjadi,” kata Denny.

Pantauan Tempo, selain banjir di Bukit Cengkeh 2, banjir juga menggenani wilayah lain seperti di RW 13 Kelurahan Mekar Sari, RW 11 Kelurahan Cisalak. Jalan protokol Depok pun tak luput genangan air banjir seperti di Jalan Raya Juanda.

"Semua titik bencana sedang dihimpun. Petugas juga sudah tersebar di sejumlah titik untuk membantu warga,” kata Denny.

Sebagai informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memberikan peringatan dini terkait cuaca dan waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jawa Barat.

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, cuaca di Kota Depok pada pagi hari pukul 07.00 WIB cerah berawan hingga pukul 10.00 WIB.

Namun, siang hingga malam hari pukul 13.00 WIB hujan sedang, yang artinya banjir Jabodetabek, dalam hal ini Depok bisa tak segera surut. Untuk suhu udara di Depok hari ini antara 23 hingga 30 derajat Celcius. Kelembapan udara berkisar 75 sampai 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Miftahul Ulum
Terkini