Bulan Depan, Uji Coba Tes GeNose Dilakukan di Bandara Yogyakarta

Bisnis.com,24 Feb 2021, 23:03 WIB
Penulis: Anitana Widya Puspa
Proses pengerjaan Bandara New Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, DIY, Rabu (24/4/2019).

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I akan memulai uji coba pemeriksaan Covid-19 menggunakan alat GeNose C-19 di Yogyakarta International Airport (YIA) pada minggu ketiga Maret 2021.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan saat ini tengah melakukan persiapan uji coba penggunaan GeNose C-19 sesuai Surat Direktur Keamanan Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara No. AU.201/4/12/DJPU.DKP-2021. Pada tahap uji coba ini YIA di Kulon Progo akan dijadikan bandara percobaan pelaksanaan uji coba penggunaan GeNose C-19.

Dia menjelaskan pada fase persiapan ini perseroan akan menyediakan 40 unit alat GeNose C-19, menyiapkan area lokasi layanan, menyusun prosedur alur pemeriksaan Covid-19, dan melakukan simulasi pemeriksaan pada minggu ketiga Maret 2021.

Pada tahap awal, kata dia, layanan tes Covid-19 menggunakan GeNose C-19 akan diimplementasikan pada YIA dan secara bertahap akan diterapkan di seluruh bandara AP I. Layanan GeNose C-19 di bandara dikhususkan bagi masyarakat yang sudah memiliki tiket penerbangan.

Faik menuturkan harga layanan GeNose C-19 di bandara akan diinformasikan kemudian menjelang penerapan pada 1 April 2021.

Dia berharap dengan adanya layanan GeNose C-19 di bandara, akan menambah pilihan layanan tes Covid-19 selain swab antigen dan PCR. Hal ini akan semakin memudahkan pengguna jasa bandara yang ingin melakukan perjalanan udara.

"Rencana penggunaan alat tes GeNose C-19 di bandara merupakan sentimen positif bagi sektor aviasi di mana layanan tes Covid-19 dengan harga terjangkau berpotensi meningkatkan trafik penumpang pesawat udara,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rio Sandy Pradana
Terkini