Nina-Lucky Resmi Menjabat Sebagai Kepala Daerah, Ini Pesan Gubernur Jabar

Bisnis.com,26 Feb 2021, 14:45 WIB
Penulis: Hakim Baihaqi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik pasangan Nina Agustina-Lucky Hakim sebagai Bupati dan Wakil Bupati Indramayu/Istimewa

Bisnis.com, CIREBON - Pasangan Nina Agustina-Lucky Hakim resmi menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Indramayu, Jawa Barat masa jabatan 2021-2026. Keduanya, menjadi pemenang dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun lalu.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut dipimpin oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jumat (26/2/2021). Disaksikan pula oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Barat.

Putusan Nina-Lucky sebagai kepala daerah, tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 131.32-266 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengatakan, kepala daerah yang baru saja dilantik harus melakukan pembangunan secara maksimal. Selain itu, harus menunjukkan sikap integritas tersistem dengan birokrasi.

Kemudian, Nina-Lucky harus meningkatkan pelayanan kepada publik dengan sepenuh hati dan hal tersebut pun menjadu gaya hidup pemimpin.

"Jadilah pemimpin yang memiliki integritas melayani dengan sepenuh hati, serta profesional. Tanpa integritas, tanpa moralitas selesailah kita semua," kata Ridwan Kamil saat sambutan dalam siaran langsung pelantikan kepala daerah terpilih melalui YouTube, Jumat (26/2/2021).

Pria yang akrab disapa Emil menegaskan, menjadi pemimpin ditakdirkan untuk melayani, bukan dilayani, karena pemimpin itu menolong, bukan ditolong.

Tepatnya di alun-alun dan Kantor Bupati Indramayu, ratusan karangan bunga yang bertuliskan ucapan selamat kepada Nina-Lucky berjejer menghiasi kedua tempat tersebut.

Sebelumnya, pasangan calon nomor urut empat itu, berhasil meraih suara tertinggi dalam pilkada beberapa waktu lalu, yakni sebesar 313.768 atau 36,76 persen.

Sementara, diurutan kedua dalam pilkada tersebut yakni pasangan nomor urut tiga, yaitu Daniel Mutaqien-Taufin. Pasangan tersebut berhasil mendapatkan suara sebanyak 243.151.

Kemudian, urutan ketiga ditempati oleh pasangan nomor urut satu, yaitu Muhamad Sholihin-Ratnawati dengan perolehan suara 223.247. Sedangkan di posisi terakhir, nomor urut dua Toto Sucartono-Deis Handika hanya 73.494 suara.

Selama pilkada Indramayu berlangsung, total suara sah sebanyak 853.660 dan suara tidak sah 16.865. Berdasarkan catatan, jumlah daftar pemilih (DPT) mencapai 1.302.788. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini