Tenaga Kerja Menyusut, Dorongan Konsumsi pada Pertumbuhan China Akan Melambat

Bisnis.com,29 Mar 2021, 10:12 WIB
Penulis: Reni Lestari
Suasana di salah satu titik Kota Wuhan, China menjelang akhir tahun 2020. /-Roman Pilipey/EPA/Guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Pergeseran tumpuan pertumbuhan ekonomi China dari investasi ke konsumsi, kemungkinan akan melambat dalam lima tahun ke depan, karena populasi menua dan tenaga kerja menyusut.

Xu Hongcai, Wakil Direktur Komite Kebijakan Ekonomi Asosiasi Ilmu Kebijakan China, mengatakan pangsa konsumsi dalam produk domestik bruto kemungkinan akan meningkat lebih lambat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Konsumsi telah melewati fase peningkatan pesat dan hanya akan meningkat perlahan di masa depan. Pertumbuhan ekonomi masih membutuhkan dukungan investasi," kata Xu dilansir Bloomberg, Senin (29/3/2021).

Dia juga mengatakan pemerintah perlu mengarahkan lebih banyak dana untuk berinvestasi dalam infrastruktur dan fasilitas yang meningkatkan perawatan lansia dan mempromosikan urbanisasi.

Tujuan jangka panjang Beijing adalah mengurangi ketergantungan pada investasi yang dipicu utang sebagai pendorong pertumbuhan dan meningkatkan belanja konsumen dalam perekonomian. Sementara konsumsi sebagai bagian dari PDB terus meningkat dalam dekade terakhir, angkanya turun tahun lalu karena pengeluaran runtuh selama pandemi.

Xu juga memperingatkan China mungkin menghadapi risiko inflasi impor karena ekonomi global yang lebih kuat mendorong harga komoditas. Pelacak Bloomberg dari harga pabrik mencatat kenaikan tercepat dalam lebih dari tiga tahun pada Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ropesta Sitorus
Terkini