Miliarder Ceko Peter Kellner Meninggal Kecelakaan Helikopter di Alaska

Bisnis.com,31 Mar 2021, 14:33 WIB
Penulis: Nirmala Aninda
Peter Kellner. PPF Group, di mana Kellner adalah pemegang saham mayoritas (98,93 persen), mengklaim memiliki aset dengan total lebih dari US$50 miliar. /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Forbes melaporkan bahwa Peter Kellner, orang terkaya di Republik Ceko tewas dalam kecelakaan helikopter di gunung Alaska.

Perusahaan Prvni Privatizacni Fond (PPF) Group miliknya membenarkan melalui pernyataan online, Sabtu (27/3), bahwa Kellner termasuk di antara lima orang yang meninggal. Insiden tersebut masih dalam penyelidikan.

Kini dengan perkiraan kekayaan bersih US$17,5 miliar, perjalanan bisnis Kellner yang sukses dimulai pada awal 1990-an dengan menjual perlengkapan kantor sebelum mengambil alih saham di perusahaan asuransi terbesar di Ceko selama era privatisasi perusahaan negara.

Saat ini, bisnisnya mencakup Home Credit, layanan pinjaman konsumen, di samping portofolio media dan telekomunikasi di mana dia memegang saham di O2, Telenor, dan Central European Media Enterprises, sebuah perusahaan induk yang berbasis di AS yang dikenal sebagai CME.

PPF Group, di mana Kellner adalah pemegang saham mayoritas (98,93 persen), mengklaim memiliki aset dengan total lebih dari US$50 miliar.

Dijelaskan oleh Radio Prague International, Kellner adalah "raksasa bisnis Ceko yang sesungguhnya pada periode pasca-Komunis".

Wartawan BBC Rob Cameron di Praha melaporkan bahwa Kellner adalah seorang pria tertutup yang memperoleh kekayaannya dengan meluncurkan dana investasi yang digunakan untuk membeli saham pengendali di perusahaan asuransi terbesar di negara itu.

PPF kemudian berkembang menjadi perusahaan telekomunikasi, media dan teknik.
Oktober lalu, mereka membeli jaringan penyiaran utama Eropa, Central European Media Enterprises, seharga US$1,1 miliar, memicu kekhawatiran di Republik Ceko bahwa jaringan itu mungkin kehilangan indepensinya.

PPF Group juga memiliki Home Credit, sebuah perusahaan consumer loan yang sangat aktif di China.

Menurut laporan tahun 2019 oleh situs berita online Ceko aktualne.cz, Home Credit telah meminjamkan sekitar US$13 miliar di China sejak pertama kali memasuki pasar mainland.

Meski demikian, dorongan Home Credit ke pasar China terhantam tantangan besar pada akhir 2019 dan 2020 ketika negara tersebut memberlakukan lockdown di tengah upaya memerangi pandemi Covid-19.

Perjalanan Peter Kellner

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini