Puluhan Ribu Pelaku UMKM di Kota Cirebon Diprediksi Kembali Dapat BPUM

Bisnis.com,07 Apr 2021, 10:17 WIB
Penulis: Hakim Baihaqi
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Sebanyak 24.504 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Cirebon diprediksi kembali mendapatkan bantuan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) pada tahun ini.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kota Cirebon Maharani Dewi mengatakan bantuan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) ini bakal dilakukan Mei mendatang.

Regulasi terkait aplikasi bantuan tersebut pun masih dirancang oleh Kemenkop UKM dan Kementerian Keuangan.

"Program ini dirancang dengan tujuan untuk pemulihan ekonomi nasional.Kemenkop UKM merencanakan untuk menyalurkan BLT UMKM 2021 ini kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro," kata Maharani di Kota Cirebon, Rabu (7/6/2021).

Berbeda dengan bantuan sebelumnya, tahun ini jumlah nominal yang bakal didapatkan para pelaku UMKM menurun, dari semula Rp2,4 juta, menjadi Rp1,2 juta. Hal tersebut karena terbatasnya jumlah anggaran.

Maharani mengatakan, meskipun mengalami penurunan, tetapi bantuan tersebut bakal meringankan para pelaku UMKM di masa pandemi covid-19 ini.

"Bantuan ini memang diperuntukkan bagi pelaku UMKM yang terkena dampak covid-19 dan diharapkan ada pemulihan ekonomi,” kata Maharani.

Sampai saat ini, pihaknya belum bisa menerima usulan dari para pelaku UMKM lantaran, Kemenkop UKM saat ini sedang menggodok aplikasi bantuannya tersebut.

Mekanisme yang bakal dilakukan yakni, UMKM penerima bantuan sendiri mengusulkan ke DPKUKM, lalu pemerintah daerah kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kemenkop UKM.

"Verifikasi nantinya dilakukan oleh Kemenkop UKM. Bantuan ini sendiri disalurkan melalui bank, kemudian pihak UMKM yang menerima bantuan akan langsung mencairkan di bank," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini