Istri Mantan Bupati Inhu Ini Akan Jadi Bupati Termuda di Indonesia

Bisnis.com,21 Apr 2021, 16:03 WIB
Penulis: Arif Gunawan
Rezita Meylani Yopi, calon Bupati Indragiri Hulu. /Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU—Rezita Meylani Yopi akan segera menjadi bupati termuda di Indonesia, menyusul hasil dari pemilihan suara ulang (PSU) yang telah rampung dilaksanakan pada Selasa (20/4/2021) lalu.

Rezita yang merupakan istri dari mantan Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto ini berpasangan dengan Junaidi Rachmat, mantan Kepala Bappeda Inhu sebagai calon wakil bupati.

Komisioner KPU Riau Nugroho Noto Susanto menyatakan dari hasil form C pemungutan ulang, diketahui jumlah pemilih yang memberikan suara sebanyak 295, dengan rincian 294 suara sah dan 1 suara tidak sah.

“Pasangan nomor 1 Nurhadi dan Toni mendapatkan 1 suara, pasangan nomor 2 Rezita dan Junaidi mendapatkan 93 suara, pasangan nomor 3 Siti dan Agus mendapatkan 1 suara, pasangan nomor 4 Wahyu dan Supriati mendapatkan 1 suara, dan pasangan nomor 5 Rizal dan Yoghi mendapatkan 198 suara,” ujarnya Rabu (21/4/2021).

Dengan hasil PSU tersebut, pasangan nomor 2 Rezita dan Junaidi akhirnya memenangkan pilkada Indragiri Hulu, karena sebelum diputuskan pemilu ulang oleh Mahkamah Konstitusi, selisih suara antara pasangan Rezita dan Junaidi dengan Rizal dan Yoghi mencapai 308 suara pemilih. Sehingga dengan perolehan suara pasangan Rizal dan Yoghi yang hanya sebanyak 198 suara pada pemilu ulang, tidak dapat mengejar selisih suara yang menjadi penentu kemenangan pada pilkada Inhu.

Adapun Rezita Meylani Yopi dan Junaidi Rachmat didukung oleh koalisi Partai Golkar, Nasdem, serta Hanura pada pilkada serentak 2020. Rezita akan menjadi bupati termuda di Tanah Air, karena istri mantan Bupati Inhu Yopi Arianto tersebut lahir di Japura, pada 7 Mei 1994 mendatang atau saat ini masih berusia 26 tahun.

Sebelumnya, Yopi Arianto Bupati Inhu 2 periode juga pernah memecahkan rekor MURI sebagai bupati termuda, dengan usia menjabat yakni 30 tahun pada 2010 silam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini