53 Awak KRI Nanggala-402 Gugur: Warga Muslim Diimbau Salat Gaib, Ini Caranya

Bisnis.com,26 Apr 2021, 09:10 WIB
Penulis: Saeno
KRI Nanggala 402/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Warga Muslim di Indonesia diimbau melakukan salat gaib atas gugurnya awak KRI Nanggala-402.

Imbauan dan ajakan salat gaib disampaikan oleh Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia, juga ormas keagamaan di antaranya Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

Salat gaib adalah salat untuk jenazah Muslim yang meninggal di tempat yang jauh sehingga jenazahnya tidak bisa dihadirkan saat disalatkan.

Bila ada keluarga atau handai taulan yang meninggal ditempat yang jauh dari sanak saudaranya, maka disunatkan melakukan salat gaib atas jenazah tersebut walaupun sudah lewat seminggu atau lebih. Shalat gaib sah, sebagaimana shalat jenazah biasa.

Pelaksaan salat gaib serupa dengan salat jenazah, perbedaan hanya pada niat salatnya.

Salat jenazah adalah salat yang dilakukan untuk jenazah Muslim. Setiap Muslim yang meninggal baik laki-laki maupun perempuan wajib disalati oleh Muslim yang masih hidup dengan status hukum fardhu kifayah. 

Nabi Muhammad tidak pernah mau menyalatkan jenazah yang meninggal masih memiliki utang dan jenazah yang meninggal karena bunuh diri, tetapi wajib disalatkan oleh umatnya atau masyarakat umum.

Seorang Muslim yang melakukan salat harus memenuhi syarat sah salat secara umum (menutup aurat, suci dari hadas, menghadap kiblat dst);

Jenazah harus sudah dimandikan dan dikafani;

Jenazah diletakkan di depan mereka yang menyalati, kecuali dilakukan di atas kubur atau salat ghaib.

Jenazah yang disholati beragama Islam

Rukun salat

Pada salat jenazah tidak dilakukan ruku, sujud maupun iqamah, melainkan dalam posisi berdiri sejak takbiratul ihram hingga salam.

Salat jenazah juga tidak diawali dengan azan dan iqamat

Adapun urutannya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini