Lexus Umumkan Enam Finalis Design Award 2021, Ada Orang Indonesia

Bisnis.com,27 Apr 2021, 14:31 WIB
Penulis: Janlika Putri Indah Sari
Heartfelt mengeksplorasi seperti apa kehadiran selama masa pandemi, dan berusaha membantu mengatasi kecemasan dan tekanan emosional karena terisolasi. /Lexus

Bisnis.com, JAKARTA - Lexus telah mengumumkan proposal dari enam finalis Lexus Design Award 2021, yang diseleksi dari 2.079 proposal dari 66 negara. Satu dari enam finalis itu dari Indonesia.

Lexus Design Award 2021 merupakan kompetisi global yang diakui untuk membina generasi kreatif selanjutnya. Para finalis dipilih dari 2.079 kiriman dari 66 negara. Sebagai kriteria penilaian, menggunakan tiga prinsip desain utama Lexus, yaitu anticipate, innovate, dan captivate.

Para finalis telah dibimbing oleh Joe Doucet, Sabine Marcelis, Mariam Kamara, dan Sputniko, yang membantu mewujudkan setiap proposal dengan tujuan mengarah ke jargon ajang tersebut yaitu Better Tomorrow. Proses bimbingan adalah elemen inti unik yang menarik dari Lexus Design Award.

Melansir dari global.toyota, Selasa (27/4/2021), enam finalis diberi pengalaman sekali seumur hidup yang tak tergantikan dengan dibimbing langsung oleh pembuat konten kelas dunia. Mentor memberikan perspektif yang beragam dan membantu finalis menyempurnakan ide mereka melalui diskusi berkelanjutan.

Dipupuk oleh sinergi keingintahuan yang tak terpuaskan dari para finalis dan hasrat para mentor, setiap ide telah berkembang menjadi proposal yang lebih inovatif dalam waktu terbatas sekitar tiga bulan.

Mentor Mariam Kamara terkesan dengan jumlah pekerjaan yang dapat dilakukan para finalis dalam waktu yang singkat.

"Mereka benar-benar menerima saran dan umpan balik yang kami berikan dengan tenang, menunjukkan banyak semangat, dan dedikasi untuk mendorong ide-ide mereka. Jelas mereka peduli dengan efek dan dampak dari karya mereka, dan hal itu pasti terlihat," ujar Kamara.

Keenam finalis akan mempresentasikan proposal akhir mereka kepada dewan juri yang terdiri dari para pemimpin desain terkenal, seperti Paola Antonelli, Dong Gong, Greg Lynn, dan Simon Humphries.

Satu desain pemenang Grand Prix akan diumumkan pada 27 April, menandai klimaks dari Lexus Design Award edisi ini.

Finalis Lexus Design Award 2021 :

CY-BO adalah bentuk baru dari bahan kemasan yang terinspirasi secara sitologi yang dapat berubah menjadi berbagai bentuk dengan menggabungkan bagian-bagiannya. Dapat digunakan kembali dan diatur ulang tanpa batas, dapat diubah menjadi semua jenis produk untuk aplikasi yang berbeda tergantung pada ide pengguna.

Kenji Abe adalah lulusan dari Departemen Desain Produk Universitas Seni Tama, yang sekarang bekerja sebagai desainer produk yang berbasis di Tokyo. Saat merancang produk pencitraan secara profesional, ia juga mengejar aktivitas desain pribadi. Dia ingin tahu tentang menciptakan hari esok yang lebih baik bagi manusia, alam, hewan, dan bumi, dan ingin mengajukan solusi indah untuk masalah yang kita hadapi.

Ini adalah perangkat yang menata ulang apa artinya 'kehadiran' di dunia yang terisolasi. Heartfelt mengeksplorasi seperti apa 'kehadiran' selama masa pandemi, dan berusaha membantu mengatasi kecemasan dan tekanan emosional karena terisolasi. Perangkat ini mencerminkan detak jantung orang yang Anda cintai, dan mempromosikan dukungan psikologis dan hubungan pribadi.

Gayle Lee dan Jessica Vea adalah lulusan Sarjana Teknologi Kreatif baru-baru ini dari Universitas Teknologi Auckland. Mereka bersemangat menciptakan produk yang berarti yang membantu orang lain dan mempromosikan kolaborasi antar disiplin ilmu antara berbagai bidang dan praktik. Mereka berharap untuk memulai gelar Master of Creative Technologies pada 2021.

InTempo adalah aplikasi dan sampul telepon yang membantu orang menghadapi tekanan emosional (misalnya kepanikan, sosiofobia) di ruang publik / selama tindakan publik. Titik sentuh pada sampul ponsel seiring dengan musik dapat membantu orang menenangkan diri.

Alina Holovatiuk adalah arsitek muda dari Kyiv, Ukraina. Dia tengah melanjutkan studi dan penelitiannya di Kyiv National University of Construction and Architecture di Information Technologies in Architecture Department. Pendekatannya terhadap desain didasarkan pada perhatian khusus pada emosi manusia dan persepsi mereka tentang dunia.

Ini adalah rajutan tekstil elektronik 3-D digital untuk interaksi material gestural, auditori, dan taktil multi-modal yang imersif.

KnitX mengeksplorasi batasan antara elektronik, tekstil, dan antarmuka musik, menanamkan interaktivitas pada kain sehari-hari. Hasilnya adalah kain musik yang merespons gerakan taktil dan proksemik serta karpet interaktif yang membangkitkan dua arah antara tarian dan musik.

Irmandy Wicaksono adalah seorang insinyur dan desainer listrik dan tekstil. Dia saat ini adalah mahasiswa Ph.D. di Lingkungan Responsif, MIT Media Lab. Penelitiannya berfokus pada pengembangan elektronik berbasis tekstil dan lunak untuk berbagai aplikasi mulai dari kesehatan dan kesejahteraan, interaksi manusia-komputer hingga media dan lingkungan interaktif.

Penyaring Tenaga Surya Portabel. Ini adalah solusi berteknologi rendah yang memanfaatkan sinar matahari untuk menyaring air laut dan tercemar. Desain portabel menggabungkan produksi sumber daya lokal dengan arsitektur komunitas, menyediakan air tawar dan tempat berkumpul yang teduh. Struktur ringan dan serbaguna yang dapat dikonfigurasi dengan berbagai cara dan bahan, beradaptasi dengan lingkungan lokal dan kebutuhan pengguna.

Henry Glogau adalah orang Selandia Baru yang baru saja lulus dari Akademi Kerajaan Denmark di Kopenhagen, Denmark. Gelar masternya mengkhususkan diri dalam Arsitektur dan Lingkungan Ekstrim, di mana ia mengeksplorasi tantangan global saat ini dan masa depan dalam ekspedisi ke berbagai lokasi. Henry sekarang bekerja sebagai Arsitek di GXN, unit inovasi hijau 3XN.

Sistem pendingin evaporasi terakota untuk stasiun kereta bawah tanah yang memanfaatkan angin yang disebabkan oleh kereta api.

Sistem pendingin evaporasi terakota yang mendinginkan stasiun kereta bawah tanah selama musim panas dan mengurangi konsumsi energi. Terakota adalah bahan tanah liat yang murah dan mudah didapat. Sifatnya yang berpori memungkinkan air menguap dengan cepat, sambil memanfaatkan sumber daya angin yang tidak terpakai di stasiun kereta bawah tanah, memaksimalkan nilai angin yang disebabkan oleh kereta api.

Intsui Design adalah grup desain yang berbasis di Tokyo. Mereka saat ini sedang mengejar gelar Master di Tama Art University di departemen Desain Terpadu. Mereka mengeksplorasi hubungan antara perilaku dan desain bawah sadar manusia. Praktik desain mereka berfokus pada intuisi orang dan respons alami terhadap objek dan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini