Gempa M 5,6 Guncang Sukabumi, Warganet: Semoga Tidak Ada Korban Jiwa

Bisnis.com,27 Apr 2021, 17:39 WIB
Penulis: Nyoman Ary Wahyudi
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Gempa Magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa (27/4/2021) sore sekitar pukul 16.23 WIB. Getaran gempa tersebut terasa hingga ke sejumlah wilayah yaitu Jakarta, Bandung, hingga Tangerang Selatan.

Gempa yang berpusat di wilyah Kabupaten Sukabumi itu turut menarik perhatian warganet di Twitter. Rezi misalnya, dengan akun @rezirestu_ berharap gempa sore tadi tidak mengakibatkan korban jiwa dan kerugian material.

“Semoga saudara kita di sukabumi yg sedang diguncang gempa baik-baik saja, dan tidak ada korban jiwa. Amin,” cuit Rezi, Selasa (27/4/2021).

Salah satu pengguna Twitter dengan akun @jebulmania291 juga turut mendoakan semoga tidak ada korban jiwa akibat gempa yang mengguncang Kabupaten Sukabumi.

"Terjadi... Gempa di Sukabumi. Mari kita berdoa semoga tidak ada korban jiwa," ujarnya.

Selain itu, Bizarre pemilik akun @zar_bizarre berkelakar gempa di Sukabumi membuat dirinya pusing ketika mengerjakan UTS.

“Gempa di Sukabumi. Pantes, berasa pusing pas lagi UTS tadi,” tuturnya.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi di 103 km Tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Gempa Mag:5.6, 27-Apr-21 16:23:37 WIB, Lok:7.86 LS,106.87 BT (103 km Tenggara KAB-SUKABUMI-JABAR), Kedlmn:14 Km, tdk berpotensi tsunami," tulis BMKG melalui akun Twitter, Selasa (27/4/2021).

BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan Tsunami. Adapun, gempa terjadi di kedalaman 14 kilometer.

Meski tidak berpotensi tsunami, tetapi BMKG mengimbau untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gempabumi susulan.

Berdasarkan informasi BMKG, sejumlah wilayah turut merasakan guncangan gempa tersebut yaitu (Skala MMI): III Sukabumi, III Rangkasbitung, III Bayah, III Cihara, III Cilonggrang, III Panggarangan, III Bogor, II Jakarta, II Bandung, II Tangerang Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fitri Sartina Dewi
Terkini