Idulfitri 2021, Tri Indonesia Dongkrak Kapasitas Jaringan 35 Persen

Bisnis.com,12 Mei 2021, 10:41 WIB
Penulis: Leo Dwi Jatmiko
Aplikasi Bima yang disediakan PT Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia) untuk pelanggannya./dok. Tri Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Peningkatan lalu lintas data video streaming jelang Idulfitri 2021 menjadi momok bagi operator seluler. PT Hutchison 3 Indonesia meningkatkan kapasitas jaringan hingga 35 persen untuk menghadapi potensi lonjakan tersebut.

Wakil Presiden Direktur dan Chief Sales Officer Tri Indonesia M. Danny Buldansyah, mengatakan peningkatan kapasitas untuk menjaga pelayanan yang diberikan kepada pelanggan agar tetap prima.

Saat Lebaran, kata Danny, terjadi peralihan lalu lintas data. Pengguna yang pada hari biasa menggunakan internet untuk bekerja dan belajar lewat aplikasi konferensi video, beralih menggunakan internet untuk hiburan seperti menonton YouTube, Instagram dan lain sebagainya.

“Kapasitas yang sudah ada di perkotaan dan lain sebagainya tidak kami kurangi, meski utilisasi turun. Sedangkan, di perumahan utilisasi data pasti naik, itu kami tambah hingga 35 persen,” kata Danny kepada Bisnis.com, Rabu (12/5/2021).

Danny memperkirakan secara rata-rata, lalu lintas data akan meningkat sekitar 15 persen dibandingkan dengan hari biasa. Tri memilih untuk meningkatkan kapasitas hingga dua kali lipat dari prediksi yang telah diperkirakan. Keputusan tersebut diambil berdasarkan pengalaman Tri dalam memberikan layanan selama Lebaran.

Tri meningkatkan kualitas jaringan di 214 Point of Interest (POI) di seluruh Indonesia, dengan perincian 71 titik di Kalimantan dan Sumatra, 8 titik di Sulawesi, 135 titik di Pulau Jawa dan Bali.

Anak usaha dari CK Hutchison Holdings itu juga menambah Cell on Wheels (COW) yang tersebar di Pulau Jawa, yaitu di Kota Bandung, dan Tasikmalaya, Yogyakarta, Solo dan Surabaya.

Selama Ramadan tahun ini, Tri mencatat terjadi kenaikan trafik data untuk mengakses aplikasi YouTube (22 persen), Shopee (21 persen), TikTok (20 persen), dan Mobile Legends (19 persen). Kenaikan trafik diprediksi akan terus meningkat hingga momen Idulfitri, kenaikan tertinggi terdapat di kota Bekasi, Tangerang, dan Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rio Sandy Pradana
Terkini
'