Panasonic Setop Produksi Televisi di Jepang

Bisnis.com,12 Mei 2021, 10:06 WIB
Penulis: Rezha Hadyan
Logo Panasonic. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Para pejabat Panasonic memastikan bahwa perusahaannya tidak lagi memproduksi pesawat televisi di Jepang. Panasonic akan berfokus pada produksi di luar negeri.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Rabu (12/5/2021), Panasonic terakhir memproduksi televisi yang dibuat di Jepang di pabriknya di utara Tokyo pada akhir Maret 2021. Para pejabat perusahaan itu mengungkapkan bahwa produksi dalam jumlah kecil itu menghabiskan biaya yang tinggi sehingga berdampak buruk terhadap pendapatan perusahaan.

Produksi televisi akan tetap dilanjutkan di Malaysia, Republik Ceko, dan sejumlah negara lainnya.

Raksasa elektronik itu juga tengah bernegosiasi untuk mengalihdayakan produksi TV LCD ukuran kecil dan menengah kepada pesaingnya dari China, TCL.

Panasonic memulai produksi televisi domestik pada 1952 ketika perusahaan itu masih bernama Matsushita Electric Industrial Company. Penjualan global televisi Panasonic melampaui 20 juta unit pada puncaknya di tahun fiskal 2010.

Perusahaan-perusahaan elektronik Jepang lainnya telah menarik diri dari produksi televisi dalam negeri. Salah satu pesaing Panasonic, Hitachi telah berhenti memproduksi televisi di dalam Jepang pada 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini