Konten Premium

Historia Bisnis : Gentar bin Pasrah, Astra International Siapkan Mobil Murah

Bisnis.com,26 Mei 2021, 13:10 WIB
Penulis: Gajah Kusumo
Gedung Astra Motor di Jl. Sudirman saat terkena amuk massa dalam peristiwa Malari

Bisnis.com, JAKARTA — Berawal dari PN Gaya Motor, yang kelak berganti nama menjadi PT Gaya Motor, William Soeryadjaya berhasil menjadikan Astra International sebagai agen tunggal mobil-mobil merek Toyota pada Juni 1969, dan kemudian menyusul merek-merek Jepang  lainnya, seperti Honda, mesin foto kopi Xerox, traktor Komatsu hingga Daihatsu.

Bintang Astra pun semakin terang bersinar hingga Christianto Wibisono dari Pusat Data Business Indonesia (PDBI) memperkirakan omzet konglomerat Keluarga Soeryadjaya bisa mencapai Rp6,7 triliun pada 1991 melalui 312 perusahaan yang dimilikinya.

“Astra harus menjadi pohon yang rindang yang buahnya manis dan enak agar disukai masyarakat. Kalau pohon ini isinya ular berbisa ya akan ditebang. Makanya perusahaan ini harus profit agar bisa memperluas bisnis sehingga bisa menampung banyak tenaga kerja, bisa menaikkan gaji karyawan, membayar pajak hingga melatih karyawannya agar berkembang,” ujar William atau sering disebut sebagai Om Willem, selepas kejadian Malari pada 15 Januari  1974, seperti dikutip dari Man of Honor, Kehidupan, Semangat, dan Kearifan William Soeryadjaya yang ditulis Teguh Sri Pambudi dan Harmanto Edy Djatmiko pada 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Gajah Kusumo
Terkini