Olimpiade Jepang Hadapi Krisis Dokter dan Perawat

Bisnis.com,31 Mei 2021, 08:47 WIB
Penulis: Hadijah Alaydrus
Seorang anak berpose untuk foto dengan cincin Olimpiade di depan Museum Olimpiade Jepang di Tokyo, Jepang, Senin (17/2/2020)./Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga medis Jepang semakin cemas untuk mengawasi 78.000 orang dari 200 negara untuk pagelaran Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo, ketika negara itu berjuang untuk mengendalikan infeksi virus Corona dan mempercepat vaksinasi.

Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade awalnya berencana memiliki sekitar 10.000 dokter, perawat, dan staf medis yang siaga untuk pertandingan, yang dijadwalkan akan dimulai dalam waktu kurang dari dua bulan, tetapi harus mengurangi jumlah itu menjadi sekitar 7.000 karena mereka akan dibutuhkan untuk menangani wabah yang sedang berlangsung.

Meskipun Jepang telah melihat salah satu tingkat infeksi terendah di antara negara-negara industri kaya, Jepang telah berusaha mengendalikan peningkatan infeksi sejak akhir tahun lalu. Keadaan darurat ketiga diperluas di Tokyo dan kota-kota besar lainnya, dengan hasil yang terbatas.

Spekulasi atas kemungkinan pembatalan permainan meningkat minggu lalu setelah AS memperingatkan orang Amerika untuk tidak melakukan perjalanan ke Jepang.

“Kami memiliki keraguan yang kuat tentang penyelenggaraan Olimpiade dengan mengorbankan nyawa dan kesehatan pasien dan perawat,” kata Susumu Morita, Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Pekerja Medis Jepang, yang mewakili sekitar 170.000 perawat dan staf medis di seluruh negeri.

Meskipun penonton asing dilarang menonton dalam upaya mengurangi risiko penyebaran infeksi, belum ada keputusan akhir tentang apakah penggemar domestik akan dilarang atau jumlah mereka dipotong.

Kurangnya kejelasan juga membuat sulit untuk mengukur apakah akan ada cukup staf medis untuk menangani keadaan darurat dari 23 Juli hingga 8 Agustus, ketika pertandingan dijadwalkan berlangsung.

"Akan sulit untuk memutuskan batas maksimal penonton tanpa memantau situasi," Seiko Hashimoto, Presiden Panitia Penyelenggara Olimpiade, dikutip dari Bloomberg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hadijah Alaydrus
Terkini