Konten Premium

Pandemi Belum Reda, Pilih Emas atau Bitcoin Cs. untuk Safe Haven?

Bisnis.com,07 Jun 2021, 17:30 WIB
Penulis: Asteria Desi Kartika Sari
Lonjakan harga bitcoin ternyata juga terjadi di tengah lonjakan harga emas yang menjadi pilihan investasi aman. Apa saja penyebabnya? (Bloomberg)

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas di pasar spot tercatat telah meningkat sejak Maret 2021. Dalam dua bulan terakhir, logam kuning itu terhitung sudah mengalami kenaikan 13 persen. 

Kenaikan harga emas disebabkan oleh ekspektasi tingginya inflasi di Amerika Serikat (AS) serta jebloknya dolar AS. Meski demikian, hari ini (7/6/2021) hingga pukul 17.44 WIB melansir Bloomberg, harga emas turun tipis 0,41 persen di level US$1.883,92 per troy ounce.

Sementara itu, Bitcoin misalnya dalam beberapa bulan ini mengalami kejatuhan setelah diusik Elon Musk yang menyatakan mata uang kripto itu tidak dapat digunakan untuk membeli mobil Tesla karena masalah emisi karbon yang tinggi. Bitcoin sudah turun 45 persen sejak harga tertingginya pada April 2021. Pada kondisi tersebut, investasi safe haven dibutuhkan dalam diversifikasi portofolio untuk memitigasi risiko dari ekonomi yang kembali bergejolak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini