Suzuki Wagon R jadi Mobil Listrik Toyota?

Bisnis.com,08 Jun 2021, 13:45 WIB
Penulis: Newswire
Suzuki Wagon R EV tengah diuji di bawah guyuran hujan deras di India, 2 Februari 2019. /Tempo-Rushlane

Bisnis.com, JAKARTA — Di India tengah ramai pemberitaan Suzuki Wagon R akan dijadikan mobil listrik Toyota. Seperti diketahui, kolaborasi Toyota dan Suzuki Maruti India bukanlah hal baru. 

Rumor tersebut berawal dari bocoran gambar di internat yang memperlihatkan mobil listrik Suzuki Wagon R tengah diuji coba dengan emblem Toyota. Hal ini juga menegaskan mobil tersebut telah siap diproduksi massal.

Dikutip dari India Today, Selasa (8/6/2021), foto dari mobil listrik Suzuki Wagon R menggunakan logo Toyota. Selain itu secara tampilan mobil ini terlihat sangat berbeda dari mobil sebelumnya, menampilkan desain bagian depan yang baru dan konsol ringan dua tingkat. Sementara itu indikator diletakkan pada bagian atas dan konsol headlamp serat lampu kabut berada di bemper depan.

Wagon R ditenggarai menggunakan baterai sebagai sumber tenaga karena tidak ada sistem pembuangan. 

Walaupun demikian informasi mengenai motor listrik dan baterainya belum diketahui, tetapi diperkirakan akan menggunakan baterai lithium-ion.

Apabila produksi massal mobil tersebut terealisasikan, Suzuki Wagon R EV akan menjadi mobil listrik paling terjangkau di India.

Diperkirakan Wagon R Listrik ini akan dijual sebagai merek Toyota di pasar India. Hal ini menyusul dari produk sebelumnya seperti Suzuki Vitara Brezza yang telah berganti nama menjadi Toyota Urban Cruiser. Kemudian Suzuki Baleno yang berganti nama menjadi Toyota Glanza.

Terkait peluncuran mobil listrik Suzuki Wagon R, diperkirakan akan hadir pada akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Muhammad Khadafi
Terkini