Awas! Kekurangan Vitamin D Bisa Sebabkan Kanker, Depresi, hingga Obesitas

Bisnis.com,15 Jun 2021, 15:50 WIB
Penulis: Feni Freycinetia Fitriani
Berjemur pada pagi hari sebagai salah satu cara mendapat vitamin D/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin D acap kali dikaitkan untuk menjaga agar tulang tetap kuat. Namun, para peneliti menemukan bahwa kekurangan vitamin D bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis, misalnya kanker, diabetes, gangguan autoimun, bahkan obesitas atau penambahan berat badan.

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan yang baik karena memainkan beberapa peran dalam menjaga sel-sel tubuh Anda tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup vitamin D. Padahal, manusia bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.

Studi menemukan kekurangan vitamin D dapat mempengaruhi orang dewasa, bayi, anak-anak, dan remaja. Selain sinar matahari, Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin D dari susu atau makanan yang secara alami mengandung vitamin ini, seperti salmon dan telur.

Perlu diingat, kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko penyakit kanker, depresi, hingga obesitas seperti dilansir dari situs reumatologi.or.id:

1. Kanker
Penelitian awal menunjukkan vitamin D dapat membantu melindungi terhadap kanker usus besar. Namun, manfaat vitamin D terhadap kanker payudara, prostat, atau kanker lainnya masih belum jelas. Manfaat yang lebih baik berasal dari konsumsi tinggi Vitamin D dan Omega-3 Trial (VITAL).

Sementara itu, para ahli merekomendasikan aktivitas fisik secara teratur, berat badan ideal, diet tinggi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian untuk membantu mencegah kanker.

2. Depresi
Penelitian telah menghubungkan rendahnya tingkat vitamin D pada penderita depresi baik pria dan wanita tua. Satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa kekurangan vitamin D menyebabkan kelenjar paratiroid memproduksi lebih banyak hormon. Rendahnya tingkat vitamin D dan tingginya hormon paratiroid telah dikaitkan dengan tingkat keparahan depresi.

3. Obesitas
Setelah memasuki menopause, kebanyakan wanita mengalami kenaikan berat badan sampai mereka mencapai usia 60-an. Ada bukti bahwa mengkonsumsi vitamin D dan suplemen kalsium dapat memperlambat penambahan berat badan itu.

Dalam sebuah penelitian, wanita yang tidak mendapatkan cukup kedua nutrisi di awal memiliki risiko 11% lebih besar untuk kenaikan berat badan tetapi berat badan dapat dipertahankan atau bahkan menurun sebagai hasil dari mengkonsumsi suplemen tersebut.

4. Tulang
Vitamin D memungkinkan tubuh Anda untuk menyerap kalsium. Tanpa itu, tulang Anda bisa menjadi rapuh dan lemah. Pada orang dewasa, terlalu sedikit vitamin D dapat menyebabkan tulang rapuh atau osteoporosis. Pada anak-anak, kekurangan vitamin D menyebabkan banyak kasus rakhitis, penyakit tulang dan masalah kesehatan masyarakat yang utama lainnya. Susu yang diperkaya dengan vitamin D dapat menghilangkan gangguan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Feni Freycinetia Fitriani
Terkini