Euro 2020 Matchday I: Tujuh Pemain Ini Catatkan Rekor Individual

Bisnis.com,16 Jun 2021, 17:24 WIB
Penulis: Oktaviano DB Hana
Ilustrasi - Logo Piala Eropa atau Euro 2020/Uefa.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 24 negara yang lolos ke putaran final Pialah Eropa atau Euro 2020 telah menyelesaikan laga perdananya (matchday pertama). Total ada 12 pertandingan dari total 51 pertandingan telah dihelat dalam ajang empat tahunan itu.

UEFA mencatat ada 28 gol dari seluruh pertandingan tersebut dengan rata-rata 2,34 gol per pertandingan. Dengan kata lain, gol tercipta setiap 39 menit.

Sepuluh timnas mampu meraih kemenangan dalam matchday perdana Euro 2020, termasuk Italia, Belgia, Belanda, Inggris dan Portugal. Sementara itu, empat tim meraih hasil imbang yakni Spanyo, Swedia, Swiss dan Wales.

Dalam 12 pertandingan tersebut, sejumlah pencapaian dan rekor baru juga tercipta baik untuk tim maupun pemain yang terlibat di dalamnya. 

Christiano Ronaldo, misalnya, mampu menjadi satu-satunya pemain yang tampil dalam pertandingan di lima putaran final Euro yang berbeda. Dengan dua golnya melawan Hungaria, dia sekaligus mengukuhkan diri sebagai pencatak gol terbanyak di putaran final Euro.

Pemain gaek Makedonia Utara, Goran Pandev juga mampu membukukan gol pertamanya di di putaran final turnamen internasional resmi. Dalam laga yang sama, pemain Austria, Michael Gregoritsch membuat gol ke-700 dalam sejarah perhelatan Euro.

Thomas Meunier, bek Belgia, juga mencatatkan namanya dalam sejarah Euro sebagai pemain pengganti pertama yang mampu mencetak gol pada babak pertama.

Rekan setimnya di Belgia, Romeru Lukaku, juga ikut memecahkan rekor individual yakni pencetak gol terbanyak bagi negaranya di turnamen Euro.

Di samping itu, Jude Bellingham, pemain Inggris, tercatat sebagai pemain termuda yang tampil di putaran final Euro dan Pedri menjadi pemain timnas Spanyol termuda di babak pamungkas turnamen tersebut.

Bisnis merangkum sejumlah informasi lebih terperinci terkait pencapaian individual dalam matchday perdana Euro 2020 itu, sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Oktaviano DB Hana
Terkini