Konten Premium

Historia Bisnis: Tambang Emas Newmont & Tugas SBY Berunding dengan Keluarga Cendana

Bisnis.com,17 Jun 2021, 16:13 WIB
Penulis: Anggara Pernando
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berbincang dengan dengan mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam rangka Idiu Fitri 1 Syawal 1430 H di Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/9/2009)./Antara - Ali Anwar.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Abdurrahman Wahid memuji Letjen TNI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai sosok yang pandai bernegosiasi. Untuk itu, dia menguji kembali kepiawaian SBY untuk bernegosiasi dengan Keluarga Soeharto membawa Presiden Indonesia ke-2 itu ke pengadilan. 

"Saya minta tolong Pak Yudhoyono sebagai pribadi. Saya lihat dia itu memiliki kapasitas yang baik untuk berunding. Contohnya [soal kasus ] PT Newmont [Minahasa Raya], orang lain mana bisa beresin. Kalau tidak pinter negosiasi kan nggak bisa," kata Abdurrahman Wahid yang lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur itu seperti yang dilansir Bisnis Indonesia edisi 17 Juni 1999 dalam tajuk ‘Gus Dur: Yudhoyono Dipilih Karena Pandai Negosiasi’. 

Yudhoyono yang ditetapkan sebagai Menteri Pertambangan dan Energi itu, menurut Presiden merupakan sosok yang ulet dalam bernegosiasi saat kasus Newmont meledak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini