Converse Indonesia, Shane Tiara Hadirkan Mural Kesetaraan Gender

Bisnis.com,17 Jun 2021, 10:45 WIB
Penulis: Janlika Putri Indah Sari
Shane Tiara. Ia menggunakan cat Graphenstone yaitu jenis cat fotokatalitik. /voxpopulipublicists

Bisnis.com, JAKARTA — Converse kembali melanjutkan kampanye global City Forests : Breaking Barriers True Color. Kali ini, kampaye merek sepatu Amerika Serikat tersebut lebih berfokus pada kesetaraan gender atau gender equality berkolaborasi.

Converse berkolaborasi dengan komunitas kreatif untuk membuat mural keberlanjutan di kota-kota di seluruh dunia. Kolaborasi tersebut menghasilkan street art dengan menghiasi jalanan dengan lukisan mural.

Converse City Forests adalah upaya kreatif yang memadukan seni jalanan dengan kepedulian anak muda terhadap lingkungan. Di kampanye kali ini, Converse Indonesia ini menggandeng Shane Tiara, muralis perempuan yang populer di bidang grafiti Indonesia.

Shane menyuarakan semangat kesetaraan gender lewat mural dengan judul Setara Berkarya untuk Ibu Pertiwi. Mural buatannya berlokasi di Jl. Juanda, Jakarta Pusat. Dan pesan yang ingin disampaikan melalui karya mural ini menggambarkan perempuan masa kini yang mandiri, bangga dan kuat. Perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan apa pun. 

“Jadi saya ingin mendorong perempuan muda di mana pun untuk bersuara, berkarya, dan mengungkapkan karakter perempuan sejati, dan pastinya, melakukan sesuatu yang bermakna untuk Ibu Pertiwi, Indonesia,” ucap Shane pada keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (17/6/2021).

Uniknya, ia menggunakan cat Graphenstone yaitu jenis cat fotokatalitik. Cat tersebut adalah cat ramah lingkungan yang menggunakan sinar matahari untuk memecah zat berbahaya di udara, dan mengubahnya menjadi partikel aman.

Kemampuan cat tersebut setara dengan kemampuan pohon menyerap zat polutan atau berbahaya, sekaligus membersihkan udara. Maka dari itu, lewat mural tersebut Converse sama saja telah menanam pohon.

Pada keterangan yang sama, pihak Converse Indonesia juga mengatakan penikmat mural Setara Berkarya untuk Ibu Pertiwi juga dapat berkreasi dengan keseruan IG filter dan motion AR dengan melakukan scan barcode yang terdapat di mural.

“Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari proyek keberlanjutan ini. Kita tidak sekadar melukis seni yang indah, tetapi juga membantu membersihkan lingkungan dari polusi udara yang berbahaya,” tutup Shane.

Sejak 2020, Converse Indonesia telah bekerja sama dengan jajaran seniman lokal ternama Ibu Kota. Mulai dari Olderplus, Blesmokie, Fivust dan Mr. Wormo dalam menghadirkan karya mural di sejumlah lokasi di kota Jakarta.

Selain menyampaikan pesan membersihkan udara, melalui kegiatan seni jalanan, Converse City Forests selalu mengangkat tema yang berbeda di setiap karya muralnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini