China Sudah Berikan 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 untuk Warganya

Bisnis.com,21 Jun 2021, 08:24 WIB
Penulis: John Andhi Oktaveri
Tenaga medis melayani warga yang mengantre untuk menjalani uji asam nukleat di sebuah halaman perumahan, menyusul kasus impor penyakit Covid-19 dari negara tetangga Myanmar, di kota perbatasan Ruili, Prefektur Dehong, Provinsi Yunnan, China, Rabu (16/9/2020). Foto diambil tanggal 16 September 2020./Antararn

Bisnis.com, JAKARTA - China telah memberikan lebih dari satu miliar dosis vaksin Covid-19 kepada rakyatnya. Ini merupakan sebuah pencapaian menakjubkan yang terjadi saat negara itu dengan meluncurkan upaya vaksinasi yang tak tertandingi.

Sebanyak 1.010.489.000 dosis telah diberikan pada Sabtu, menurut Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) dalam sebuah pernyataan seperti dikutip CNN.com, Senin (21/6/2021). Dosis itu tercatat hampir 40 persen dari 2,5 miliar suntikan yang diberikan secara global.

NHC menyatakan 100 juta dosis diberikan dalam lima hari hingga Sabtu, menurut kantor media pemerintah Xinhua. Angka 1 miliar termasuk luar biasa mengingat peluncuran dosis di China dimulai dengan langkah ragu-ragu.

China baru mencapai satu juta dosis pertama pada 27 Maret atau dua minggu telat dari AS. Akan tetapi, kecepatannya meningkat secara signifikan pada Mei dan lebih dari 500 juta suntikan diberikan selama sebulan terakhir, menurut data dari NHC.

"China butuh 25 hari untuk naik dari 100 juta dosis menjadi 200 juta dosis, 16 hari meningkat dari 200 juta menjadi 300 juta, dan enam hari dari 800 juta menjadi 900 juta," menurut Xinhua.

Beijing telah berhasil menahan laju virus tetapi beberapa wabah lokal baru-baru ini, termasuk di provinsi Anhui dan Liaoning utara dan Guangdong di selatan, telah memicu kekhawatiran peningkatan infeksi. Hal itu mendorong percepatan vaksinasi di daerah yang terkena dampak.

China juga telah mulai memvaksinasi orang di bawah usia 18 tahun dan remaja yang memenuhi syarat untuk menerima vaksin Sinopharm dan Sinovac.

Bagi mereka yang masih enggan divaksin, China memiliki alat yang ampuh, yakni sistem satu partai dari atas ke bawah yang mencakup jangkauan yang luas dan kuat dalam tindakan dan birokrasi yang dapat dimobilisasi dengan cepat.

Beijing berencana untuk memvaksinasi setidaknya 70 persen orang yang memenuhi syarat pada akhir tahun, menurut Xinhua mengutip wakil kepala NHC, Zeng Yixin.

Sekitar 1,4 miliar orang tinggal di China. Karena itu, dosis yang diberikan negara itu per 100 orang masih tertinggal di belakang negara-negara seperti AS dan Inggris. Tetapi jika dorongan vaksinasinya dapat mengikuti kecepatan saat ini, Beijing akan menyusul dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Oktaviano DB Hana
Terkini