Kesempatan Magang ke Jepang Masih Dibuka Sampai 4 Juli 2021

Bisnis.com,22 Jun 2021, 17:32 WIB
Penulis: Arif Gunawan
Magang kerja/Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau menyatakan seleksi program magang kerja ke Jepang masih dibuka sampai 4 Juli 2021 mendatang. Sampai saat ini ada sebanyak 120 orang calon peserta yang sudah mendaftar.

Kepala Disnakertrans Riau Jonli mengatakan proses seleksi dan pendaftaran dibuka sejak 4 Juni 2021 dan akan berlangsung selama sebulan hingga 4 Juli 2021.

"Saat ini ada 120 orang peserta sudah mendaftar, ini kesempatan bagi generasi muda asal Riau untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman bekerja di Jepang," ujarnya, Selasa (22/6/2021).

Menurutnya tahun ini adalah tahun pertama dibukanya kembali kesempatan magang ke Jepang bagi masyarakat Riau, setelah lima tahun berlalu tanpa pengiriman peserta magang akibat mendapatkan penalti dari pemerintah pusat.

Hal itu disebabkan lima tahun lalu saat Riau mengirimkan pesesrta magang, di tengah proses magang itu banyak peserta menyatakan mundur dan kembali ke Tanah Air, dengan alasan tidak mampu dan tidak tahan bekerja lama di luar negeri.

Karena itu dia meminta kepada pendaftar yang berminat untuk magang ke luar negeri, agar memiliki mental yang kuat dan tahan bekerja di luar negeri. Sehingga tidak memutuskan untuk berhenti di tengah jalan pada saat kontrak magang masih berlangsung.

"Kami juga mengingatkan agar seluruh peserta menyiapkan persyaratan administrasi yang diperlukan pada saat magang, karena kami hanya menyaring dan menerima pendaftaran, sedangkan untuk proses seleksi dan keputusan pemilihan peserta berada di tangan Kemenaker," ujarnya.

Dia mencontohkan persyaratan administrasi seperti KTP Riau minimal dua tahun terakhir, kartu keluarga, SKCK, kartu kuning, ijazah tamatan SMA sederajat, serta persyaratan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini