Empat Nasihat Ustaz Adi Hidayat untuk Ridwan Kamil

Bisnis.com,22 Jun 2021, 16:48 WIB
Penulis: Wisnu Wage Pamungkas
Ustaz Adi Hidayat (kiri) saat bertemu Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG — Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, dan kasus positif yang akhir-akhir ini terus menanjak membuat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara khusus meminta nasihat dari Ustaz Adi Hidayat.

Dalam pertemuan yang digelar di Kantor Quantum Akhyar Institut, Bekasi, Senin (21/6/2021) malam, Adi Hidayat meminta Ridwan Kamil agar menjalani kepemimpinan dengan bersandar pada nilai-nilai yang ada dalam Alquran.

“Dari background Alquran menyampaikan tiga hal. Yang pertama bersabar. Karena memang, jangankan pemimpin, setiap orang pasti mendapatkan tantangan, ujian untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan tugasnya. Orang hebat akan diuji dengan ujian yang hebat, pemimpin juga sebagaimana kadarnya, ulama sesuai kadarnya. Yang pertama nasihat dari alquran itu bersabar,” katanya.

Yang kedua, Adi Hidayat menasihati Ridwan Kamil agar memetakan secara strategis tantangan yang dihadapi berikit memiliki perencanaan yang strategis (ijtihad) serta memetakan setiap tantangan.

“Kemudian jihad yakni mengeksekusi rancangan yang telah disiapkan. Jadi bukan dipahami aspek militer saja. Karena itu nilainya tinggi,” kataya.

Yang ketiga Adi Hidayat menekankan mujahadah yakni berjuang untuk mengatasi gejolak emosi. “Kadang emosi naik turun, kepikiran. Makanya tadi saya katakan, ini umaro menangani empat faktor di umat, umat yang berpikir, umat yang salah pikir, umat yang tidak berpikir dan umat yang jadi pikiran. Nah empat hal ini yang harus disikapi,” katanya.

Menurutnya pemimpin penting untuk bersikap sabar, strategis, memiliki visi, dan mampu mengeksekusi visi. “Hasilnya tawakal,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini