Ternyata Bumi Sudah Berdenyut Selama 27,5 Juta Tahun

Bisnis.com,23 Jun 2021, 15:16 WIB
Penulis: Sartika Nuralifah
Penampakan bumi

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut sebuah studi baru, sebagian besar peristiwa geologis dalam sejarah Bumi, baru-baru ini telah bersatu dalam interval 27,5 juta tahun atau sebuah pola yang sekarang disebut para ilmuwan sebagai "denyut Bumi".

Selama 260 juta tahun terakhir, dengan banyaknya peristiwa geologis besar, mulai dari perubahan permukaan laut hingga letusan gunung berapi, tampaknya mengikuti pola yang sama dengan hal ini.

"Untuk waktu yang cukup lama, beberapa ahli geologi bertanya-tanya apakah ada siklus sekitar 30 juta tahun dalam catatan geologis," kata penulis utama Michael Rampino, seorang profesor di departemen biologi dan studi lingkungan di Universitas New York dilansir dari Livescience.

Namun hingga saat ini, penanggalan yang buruk dari peristiwa semacam itu membuat fenomena tersebut sulit dipelajari secara kuantitatif.

"Banyak, tapi mungkin sebagian besar,  ahli geologi akan mengatakan bahwa peristiwa geologi sebagian besar acak," kata Rampino. Dalam studi baru, Rampino dan timnya melakukan analisis kuantitatif untuk melihat apakah hal itu bersifat  acak atau ada pola yang mendasarinya.

Tim pertama kali menjelajahi literatur dan menemukan 89 peristiwa geologis besar yang terjadi dalam 260 juta tahun terakhir. Ini termasuk kepunahan, peristiwa anoxic laut (saat lautan beracun karena penipisan oksigen), fluktuasi permukaan laut, aktivitas gunung berapi besar yang disebut letusan basal banjir dan perubahan dalam organisasi lempeng tektonik bumi.

Kemudian, para peneliti menempatkan peristiwa dalam urutan kronologis dan menggunakan alat matematika yang dikenal sebagai analisis Fourier untuk mengambil lonjakan frekuensi peristiwa. Mereka menemukan bahwa sebagian besar peristiwa ini dikelompokkan menjadi 10 waktu terpisah yang rata-rata berjarak 27,5 juta tahun. Angka itu mungkin tidak tepat, tetapi itu perkiraan yang cukup bagus dengan interval kepercayaan 96%, yang berarti "tidak mungkin kebetulan," kata Rampino.

Para peneliti hanya melihat pada 260 juta tahun terakhir, ketika penanggalan peristiwa semacam itu paling akurat, tetapi mereka berpikir hasilnya kemungkinan meluas lebih jauh ke belakang dalam sejarah planet kita. Misalnya, data dari perubahan permukaan laut kembali sekitar 600 juta tahun dan juga tampaknya mengikuti denyut nadi ini jelas Rampino.

Tidak jelas apa yang menyebabkan denyut seperti itu dalam aktivitas geologis, tetapi itu bisa didorong secara internal oleh lempeng tektonik dan pergerakan di dalam mantel, tulis para peneliti dalam penelitian tersebut. Atau mungkin ada hubungannya dengan pergerakan Bumi di tata surya dan galaksi, kata Rampino. Misalnya, denyut nadi 27,5 juta tahun mendekati osilasi vertikal 32 juta tahun di sekitar bidang tengah galaksi, menurut penelitian tersebut.

Satu teori adalah bahwa tata surya kadang-kadang bergerak melalui bidang yang mengandung materi gelap dalam jumlah yang lebih besar di galaksi, kata Rampino. Ketika planet bergerak melalui materi gelap, ia menyerapnya, sejumlah besar materi gelap yang ditangkap dapat memusnahkan dan melepaskan panas, yang dapat menghasilkan denyut pemanasan dan aktivitas geologis, kata Rampino.

Menurut Rampino mungkin interaksi dengan sejumlah besar materi gelap ini berkorelasi dengan denyut nadi Bumi.

Rampino dan timnya berharap untuk mendapatkan data yang lebih banyak lagi tentang penanggalan peristiwa geologis tertentu dan berencana untuk menganalisis periode waktu yang lebih lama untuk melihat apakah denyut nadi meluas lebih jauh ke masa lalu.

Mereka juga berharap, suatu hari nanti, mereka bisa mendapatkan angka yang lebih baik tentang pergerakan astronomi Bumi melalui tata surya dan Bima Sakti, mereka bisa melihat apakah ada korelasi dalam siklus astronomi dan geologi.

Rampino menjelaskan bagaimanapun, jika pola seperti itu ada, cluster terakhir adalah sekitar 7 juta hingga 10 juta tahun yang lalu, jadi yang berikutnya kemungkinan akan datang dalam 10 juta hingga 15 juta tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini
'