Jelang 8 Besar Euro 2020: Ini Statistik Pertandingan Spanyol vs Swiss

Bisnis.com,02 Jul 2021, 12:50 WIB
Penulis: Newswire
Striker Timas Swiss, Haris Seferovic/Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Spanyol akan menghadapi Swiss dalam laga delapan besar Euro 2020 yang akan digelar di Stadion Petrovsky di St Petersburg, Rusia, hari ini, Jumat (2/7/2021) 23.00 WIB.

Spanyol pun diminta untuk tidak meremehkan Swiss. Bukan hanya lantaran Swiss sebelumnya berhasil menumbangkan Prancis, tetapi karena dalam beberapa pertemuan terakhir berlangsung sengit.

Dua pertemuan terakhir mereka dalam Nations League berlangsung ketat, masing-masing seri 1-1 di Basel dan Spanyol menang tipis 1-0 sebulan kemudian pada Oktober 2020. Swiss juga membuat kejutan saat menjungkalkan Spanyol 1-0 dalam Piala Dunia 2010.

Swiss memang hanya sekali menang dan lima kali seri dalam 22 pertemuan dengan Spanyol. Namun, Xherdan Shaqiri cs hanya sekali kalah dalam empat pertemuan terakhir mereka.

Kedua tim bertemu dua kali dalam UEFA Nations pada 2020. Gol Mikel Oyarzabal mengantarkan Spanyol menang tipis 1-0 di Madrid pada 10 Oktober, namun kemudian seri 1-1 di Basel satu bulan kemudian setelah gol Gerard Moreno membatalkan keunggulan Swiss dari gol Remo Freuler. Kiper Yann Sommer mementahkan dua tendangan penalti Sergio Ramos.

Kedua tim seri 1-1 dalam laga persahabatan di Villarreal pada Juni 2018 di mana Ricardo Rodriguez menciptakan gol Swiss.

Kemenangan satu-satunya Swiss atas Spanyol terjadi pada fase grup Piala Dunia 2010. Spanyol lolos karena memenangi dua laga lainnya untuk akhirnya menjuarai turnamen ini, sebaliknya Swiss tersisih karena menduduki tempat ketiga.

Ini pertemuan pertama Spanyol dan Swiss dalam baik putaran final maupun kualifikasi Euro. Tapi mereka sudah tiga kali bertemu dalam Piala Dunia, termasuk saat pelatih Spanyol saat ini, Luis Enrique, menciptakan gol kedua ketika Spanyol menang 3-0 di Washington dalam 16 besar Piala Dunia 1994.

Spanyol memasukkan 48 gol dalam 22 pertandingan melawan Swiss, dan kebobolan 18 kali.

Prediksi Susunan Pemain

Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Silvan Widmer, Remo Freuler, Denis Zakaria, Steven Zuber; Xherdan Shaqiri; Breel Embolo, Haris Seferovic

Spanyol (4-3-3): David de Gea; Cesar Azpilicueta, Eric Garcia, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Koke, Sergio Busquets, Pedri; Ferran Torres, Alvaro Morata, Pablo Sarabia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Oktaviano DB Hana
Terkini