Disdag Kalsel Pastikan Bapok Aman Jelang Iduladha

Bisnis.com,08 Jul 2021, 18:45 WIB
Penulis: M. Mutawallie Sya’rawie
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN –- Dinas Perdagangan (Disdag) Kalsel menyatakan kebutuhan bahan pokok tercukupi menjelang Hari Raya Iduladha.

Kepala Disdag Kalsel Birhasani memastikan persediaan bahan pokok akan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat di Kalimantan Selatan.

“Kami pastikan ketersediaan bapok melimpah, masih cukup dan aman untuk menghadapi Iduladha, harganya pun masih relatif stabil,” ujarnya dikutip dari Media Center Kalsel, Kamis (8/7/2021).

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa harga ayam potong mengalami peningkatan yang disebabkan oleh naiknya harga pakan dan keterbatasan bibit ayam.

“Dari pedagang, berdasarkan info dua mingguan ini mengalami kenaikan. Harga beli ayam hidup di tingkat petani mengalami kenaikan yang semestinya paling tinggi Rp21.000 per kilogram, kini mencapai Rp26.000 per kilogram,” ungkapnya.

Kendati demikian, Birhasani mengatakan pihaknya akan memaksimalkan upaya dalam menjaga kestabilan harga dan mengantisipasi permasalahan distribusi bapok.

Menurutnya, saat ini Kalimantan Selatan sangat tergantung kepada beberapa daerah di pulau Jawa seperti Provinsi Jatim, Jateng, Jabar, dan DKI Jakarta, sehingga dia berharap agar pasokan barang atau komoditas ke pulau Jawa dan Bali tetap lancar meskipun berlaku PPKM darurat.

“Berdasarkan ketentuan tentang PPKM bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah kebutuhan pokok boleh berjalan 100 persen,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini