Pemulihan Lahan Pasca Tambang di Tuban Milik SIG Membuahkan Hasil

Bisnis.com,08 Jul 2021, 22:35 WIB
Penulis: Peni Widarti
Pemulihan Lahan Pasca Tambang di Tuban Milik SIG Membuahkan Hasil/dok. SIG

Bisnis.com, SURABAYA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) mengklaim upaya reklamasi lahan pasca tambang batu kapur di Pabrik Tuban Jawa Timur telah mengalami pemulihan kualitas lingkungan serta kesuburan tanah.

General Manager of Mining dan Raw Material SIG, Suharyanto menjelaskan penanaman dan perawatan pohon dalam kawasan hutan merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan untuk mengembalikan fungsi lahan pasca tambang batu kapur menjadi hutan kembali, sehingga dapat bermanfaat secara sosial, ekonomi dan ekologi. 

“Dari hasil pemantauan ekologi di lahan pasca tambang batu kapur di Tuban yang telah direklamasi, hasilnya menunjukkan adanya pemulihan kualitas lingkungan serta peningkatan kesuburan,” jelasnya, Kamis (8/7/2021).

Dia mengatakan keanekaragaman vegetasi di area reklamasi dapat menyediakan habitat sekaligus makanan yang menunjang kehidupan keanekeragaman fauna. Bahkan saat ini di lahan tersebut sudah ada berbagai spesies fauna hidup di sana. 

“Terdapat juga berbagai jenis burung di antaranya jalak jawa, perenjak padi, cucak kutilang, perkutut jawa, cipoh kacat, takur ungkut-ungkut hingga burung-burung yang bermigrasi dari Eropa,” imbuhnya.

Suharyanto menambahkan SIG sendiri akan terus melakukan berbagai upaya konservasi, baik flora dan fauna dengan melibatkan berbagai pihak agar memberikan hasil yang maksimal. 

“Keanekaragaman hayati yang terpelihara dengan baik diharapkan dapat memberikan manfaat bahkan menjaga warisan untuk generasi selanjutnya,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, SIG juga telah melibatkan masyarakat sekitar perusahaan dalam pengelolaan lahan pasca tambang seperti dalam melakukan pembibitan, penyiapan lahan, penanaman hingga pemeliharaan.

Untuk pembibitan, SIG memiliki kebun bibit mandiri yang mampu menghasilkan 60.000 batang pohon tanaman guna keperluan reklamasi. Masyarakat sekitar juga dilibatkan dalam penanaman pohon di area green belt sekitar lahan baku, green barrier di dalam dan sekitar pabrik hingga buffer zone.

Adapun hingga Juli 2021, SIG telah melakukan reklamasi lahan pasca tambang batu kapur di Pabrik Tuban seluas 177,40 ha dengan menanam berbagai jenis pohon diantaranyajati, johor, mahoni, sengon, flamboyan, trembesi, kesambi dan juwet.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini