Konten Premium

Krisis Myanmar, Intervensi Asing atau Perang Saudara?

Bisnis.com,16 Jul 2021, 10:45 WIB
Penulis: John Andhi Oktaveri
Republik Persatuan Myanmar adalah sebuah negara berdaulat di Asia Tenggara. Myanmar berbatasan dengan India dan Bangladesh di sebelah barat, Thailand dan Laos di sebelah timur dan China di sebelah utara dan timur laut. Negara seluas 676.578 km ini telah diperintah oleh pemerintahan militer sejak kudeta tahun 1988./Wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Diplomasi yang dilakukan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken pekan lalu terkait perkembangan politik dan keamanan Myanmar cukup menarik untuk disimak dalam konteks perkembangan politik regional Asia Tenggara.

Blinken mengatakan kepada para mitranya di Asia Tenggara, kalau Pemerintah AS sangat prihatin dengan kudeta militer di Myanmar, meski di balik agenda itu, Blinken juga memainkan diplomasi terkait sengketa di Laut China Selatan.

Sebagaimana diakui Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Ned Price dalam sebuah video konferensi dengan menteri-menteri luar negeri Asean, Blinken mengajak negara-negara Asia Tenggara untuk mengambil tindakan atas Myanmar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini