Airbag Tak Berfungsi, Jeep Grand Cherokee Ringsek dan Berujung Pengaduan

Bisnis.com,19 Jul 2021, 14:39 WIB
Penulis: Dionisio Damara
Jeep Grand Cherokee ringsek di bagian depan. Tetapi setir mobil masih utuh dan terlihat airbag tidak keluar sama sekali.

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil Jeep Grand Cherokee ringsek setelah mengalami kecelakaan di Tol Kanci mengarah ke Jawa Tengah, Kamis (15/7/2021). Kasus ini berbuntut pengaduan ke PT DAS Indonesia Motor selaku agen pemegang merek atau APM Jeep.

Aduan tersebut dilakukan oleh Muhammad Al Abdulah atau akrab disapa Memet, yang merupakan pengemudi Jeep tersebut dan juga mantan CEO PT Garansindo Inter Global. Garansindo sebelumnya adalah APM Jeep di Indonesia.

Dalam unggahan di akun Facebook pribadinya, Memet mengatakan akan melayangkan keluhan tersebut ke Fiat Chrysler Automobiles (FCA) lewat PT DAS Indonesia Motor.

“Apabila pihak FCA tidak bertanggung jawab, dikarenakan saya selamat, ya, mari kita selesaikan secara hukum,” tulis Memet di Facebook, Minggu (18/7/2021).

Memet berniat mengadukan persoalan tersebut lantaran fitur keamanan dari mobilnya tidak berfungsi saat kecelakaan terjadi. Di antaranya fitur Active Brake Collision System (ABCS) pada Jeep Grand Cherokee 3.6L Summit 2015 dan airbag.

Kecelakaan itu bermula ketika Memet, yang sedang berada di jalur kanan tol, berupaya menghindari mobil Avanza yang melakukan pengereman mendadak. Saat menginjak rem, setir Jeep justru terbuang ke kiri dan akhirnya menabrak truk kontainer.

Dalam unggahannya, Jeep Grand Cherokee yang ditumpangi Memet ringsek di bagian depan. Meski demikian, setir mobil masih utuh dan terlihat airbag tidak keluar sama sekali.

Di atas kertas, Jeep Grand Cherokee tercatat memiliki 5 airbag, di antaranya driver airbag, passenger airbag, front head airbag, rear head airbag, dan front side airbag.

Chief Operating Officer DAS Indonesia Motor Dhani Yahya mengatakan pada hari ini, Senin (19/7/2021), perusahaan akan memberikan pernyataan resmi terkait dengan persoalan tersebut.

“Kami akan kirim press release hari ini, terima kasih,” ujarnya kepada Bisnis. Tetapi, hingga berita ini diterbitkan, pernyataan resmi dari DAS Indonesia Motor belum dipublikasikan oleh perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Amanda Kusumawardhani
Terkini