Jejak Kaki Dinosaurus di China Dinamai Nobita

Bisnis.com,20 Jul 2021, 17:08 WIB
Penulis: Ni Luh Anggela
Jejak kaki dinosaurus Nobita di China

Bisnis.com, JAKARTA – Jejak kaki fosil dinosaurus yang ditemukan di China dinamai Nobita, teman dari robot kucing Doraemon, oleh seorang peneliti China yang merupakan penggemar berat serial manga Jepang.
 
Trek tersebut menampilkan karakteristik yang sebelumnya tidak diketahui dan diberi nama ilmiah "Eubrontes nobitai."
 
“Bagi saya, Nobita, Doraemon dan petualangan mereka dengan dinosaurus adalah permata masa kecil saya yang masih saya ingat setiap saat,” kata Xing Lida, seorang profesor paleontologi di University of Geosciences China. “Saya senang sebagai Punch memiliki kesempatan untuk mengekspresikan kasih sayang saya yang kuat (untuk serial ini).”
 
Melansir The Asahi Shimbun, Selasa (20/7/2021), pada Juli tahun lalu, "tanda aneh" ditemukan di permukaan batu di sepanjang sungai di selatan Chengdu di provinsi Sichuan barat daya China.
 
Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Xing mengunjungi situs tersebut untuk mempelajari jejak tersebut. Batu itu terbawa ke hilir, bersama ranting dan dedaunan, oleh hujan deras yang mengguyur daerah itu beberapa hari sebelumnya.
 
Jejak kaki, masing-masing dengan tiga jari kaki dan terdiri dari empat langkah, berukuran sekitar 30 sentimeter. Mereka kemungkinan dibuat oleh dinosaurus bipedal.
 
Tanda cakar di ujung jejak kaki menunjukkan jejak itu milik dinosaurus karnivora.
 
Panjang langkah menunjukkan dinosaurus berjalan dengan kecepatan sekitar 4 kilometer per jam. Makhluk itu diperkirakan memiliki panjang tubuh sekitar 4 meter.
 
Jejak itu diyakini berasal dari periode awal Cretaceous 125 juta tahun yang lalu.
 
 "Nobitai," bagian kedua dari nama tersebut, berasal dari Nobita Nobi, karakter anak sekolah dalam serial manga Doraemon yang populer, yang menampilkan protagonis robot kucing eponim.
 
“Doraemon: Nobita’s New Dinosaur,” sebuah film yang dirilis tahun lalu, memiliki adegan di mana Nobita memberi nama pada dinosaurus.
 
Xing mengatakan dia telah menjadi penggemar serial Doraemon sejak kecil. Dia mengatakan dia memutuskan untuk memberi nama trek setelah Nobita untuk mengabulkan keinginan karakter fiksi tersebut.
 
Fosil tidak selalu tentang sisa-sisa kerangka, gigi dan bagian tubuh lainnya. Mereka juga termasuk "jejak fosil," atau sisa-sisa kehidupan kuno, seperti jejak kaki, liang dan telur.
 
Nama ilmiah terkadang diberikan untuk melacak fosil ketika tidak mudah untuk mengidentifikasi makhluk yang meninggalkan jejak mereka di planet ini sejak lama.
 
Temuan terbaru juga diberi nama sebagai spesies fosil trek baru berdasarkan karakteristiknya yang berbeda.
 
Nama genus Eubrontes pertama kali diberikan pada jejak kaki dinosaurus karnivora yang ditemukan di Pantai Timur AS pada awal abad ke-19. Lebih dari 10 spesies Eubrontes sejauh ini telah dilaporkan dari formasi geologi di seluruh dunia kecuali Antartika.
 
Jejak kaki di Cina dikaitkan dengan spesies Eubrontes lain karena mereka memiliki orientasi jari kaki dan fitur lain yang berbeda dari temuan sebelumnya.
 
Replika trek Eubrontes nobitai akan dipamerkan di Museum Nasional Alam dan Sains, Tokyo, mulai 30 November hingga 12 Desember 2021.
 
Itu juga akan ditampilkan di Museum Fujiko F. Fujio di Kawasaki, Prefektur Kanagawa, yang didedikasikan untuk seniman manga eponymous yang menciptakan seri Doraemon.
 
“Jepang adalah bagian dari daratan Asia selama era Mesozoikum (termasuk periode Cretaceous), jadi Eubrontes nobitai mungkin telah menghuni Jepang,” kata pakar dinosaurus Makoto Manabe, wakil direktur jenderal di Museum Nasional Alam dan Sains, Tokyo.
 
“Fosil jejak hanya mempertahankan karakteristik telapak kaki, tetapi memungkinkan kecepatan berjalan diperkirakan dari panjang langkah dan perilaku kelompok disimpulkan dari bagaimana fosil jejak dikelompokkan,” catat Manabe.
 
“Mereka mungkin memiliki profil yang lebih rendah daripada fosil kerangka, tetapi saya berharap penemuan Eubrontes nobitai akan mendorong lebih banyak perhatian untuk melacak fosil juga.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini
'